Follow detikFinance
Selasa 21 Mar 2017, 18:19 WIB

Tak Hanya di Jawa, Jokowi Genjot Proyek Tol Hingga LRT di Sumsel

Ray Jordan - detikFinance
Tak Hanya di Jawa, Jokowi Genjot Proyek Tol Hingga LRT di Sumsel Foto: Muhammad Iqbal/detikcom
Jakarta - Pembangunan infrastruktur menjadi fokus pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) di seluruh Indonesia, tak hanya di Jawa. Siang ini, Jokowi melakukan rapat evaluasi proyek strategis nasional di Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalam arahannya di awal rapat, Jokowi meminta pembangunan infrastruktur transportasi menjadi fokus di Sumsel. Mulai dari jalan tol, jalur kereta api, hingga light rapid transit (LRT).

"Saya minta agar konsentrasi pembangunan infrastruktur transportasi, memperlancar konektivitas antar wilayah di provinsi Sumatera maupun antar daerah di provinsi Sumsel, mulai dari jalan tol, ke jalur kereta api maupun LRT. Karena ini dibutuhkan untuk menopang pergerakan ekonomi di Sumsel," jelas Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Infrastruktur ini, lanjut Jokowi, diperlukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Games 2018.
Tak Hanya di Jawa, Jokowi Genjot Proyek Tol Hingga LRT di SumselFoto: Dok Pemprov Sumsel

Selain itu, Jokowi juga meminta jajaran pemerintah untuk mempercepat pembangunan kawasan ekonomi khusus Tanjung Api-Api. Pengembangan kawasan ekonomi khusus ini diyakini Jokowi bakal menciptakan lapangan kerja baru, sekaligus menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Sumsel, yang pada 2016 lalu bisa tumbuh 5,03%, atau sedikit di atas rata-rata nasional.

Kawasan Ekonomi Khusus ini, ujar Jokowi, bisa menampung minat investasi di sektor industri pengolahan, yang saat ini makin besar kontribusinya ke perekonomian di Sumatera Selatan.

Jokowi juga ingin, produktivitas sektor pertanian di Sumsel bisa diperkuat, sehingga nilai tukar petani meningkat.

"Data yang saya miliki, nilai tukar petani (NTP) selalu berada di bawah indeks 100 dan berkecenderungan menurun, yang artinya kenaikan harga produk pertanian yang diterima oleh petani lebih rendah dibandingkan kenaikan harga barang yang dikonsumsi petani. Ini artinya kita harus bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Sumsel," papar Jokowi.

Baca berita terkait Sumatera Selatan lainnya di Sini. (wdl/mkl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed