Cerita Jokowi Jajal Jalan Perbatasan di Kalimantan Barat

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 21 Mar 2017 18:29 WIB
Foto: dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Dalam kunjungan kerjanya, Jokowi meresmikan beberapa proyek infrastruktur termasuk dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Barat yang telah rampung pengerjaannya, yakni PLBN Badau dan PLBN Aruk.

Dalam akun Facebook resminya, Jokowi bercerita saat menjajal jalan di perbatasan yang telah diperlebar menuju lokasi PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Jokowi menuturkan jalan perbatasan yang dilaluinya kini telah lebih lebar dari sebelumnya dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah melaksanakan pekerjaan ini berkoordinasi dengan para prajurit Zeni TNI Angkatan Darat.

"Selama tiga jam saya dan rombongan bermobil dari Kecamatan Putussibau sampai Badau. Kondisi jalan sebagian besar mulus beraspal, dan sebagian sedang dalam pekerjaan berupa penimbunan, perataan, dan perkerasan tanah dengan alat berat," tulis Jokowi dalam akun Facebook pribadinya seperti dikutip detikFinance, Selasa (21/3/2017).

"Anda tahu siapa yang bekerja keras membangun jalan paralel perbatasan sejauh ratusan kilometer itu? Jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama para prajurit Zeni TNI Angkatan Darat," sambungnya.



Seperti diketahui Kementerian PUPR dibantu Zeni TNI berhasil membangun 520,85 km jalan baru paralel perbatasan selama tiga tahun terakhir. Jalan paralel adalah jalan yang membentang sejajar dengan garis perbatasan membentang dari Kalimantan Utara (Kaltara) hingga Kalimantan Barat (Kalbar) sepanjang 1.900 Km.

Dengan bertambahnya panjang jalan yang bisa diselesaikan tahun ini, total jalan perbatasan Kalimantan yang berhasil tembus menjadi sepanjang 1.582 Km, Sementara jalan belum tembus 318 Km akan dituntaskan pada tahun 2018.

"Jika tak ada aral melintang, tahun 2017 ini, pekerjaan jalan perbatasan di Kalimantan akan tuntas sejauh 1.900 kilometer," tutup Jokowi. (dna/dna)