Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mar 2017 11:17 WIB

Telan Rp 238 Miliar, Ini Manfaat Bendungan Sei Gong di Batam

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bendungan Sei Gong yang berlokasi di Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau bakal menjadi 1 dari 29 bendungan yang bakal rampung di era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pembangunan bendungan yang menelan dana Rp 238,44 miliar ini dipercaya bakal menambah pasokan air baku bagi Batam yang diketahui hanya mengandalkan air hujan.

Pertumbuhan ekonomi dan kepadatan penduduk yang terus meningkat pastinya akan membutuhkan air baku. Sementara saat ini kekurangan air baku sudah mulai dirasakan di Kepulauan Riau, tidak hanya di Batam, namun juga Bintan dan Galang.

Suplai air baku di Pulau Batam utamanya memang berasal dari 8 bendungan yang sudah ada. Sehingga dibutuhkan tambahan pasokan untuk mengantisipasi pertumbuhan ekonomi dan penduduk di pulau tersebut.

"Khususnya Pulau Batam dan sekitarnya ini, bendungan bukan untuk irigasi tapi untuk air baku, kebutuhannya saat ini adalah 3.250 liter per detik. Sekarang dengan 8 bendungan yang sudah ada di Pulau Batam, hanya bisa mensuplai sekitar 2.800 liter per detik jadi masih kurang 400 liter per detik," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari keterangan resminya di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Bendungan Sei Gong memiliki luas area genangan 355,99 hektar dengan volume tampungan air sebanyak 11,8 juta meter kubik dan kapasitas 400 liter per detik. Kontrak pembangunannya telah dilakukan sejak akhir 2015 lalu dan kini telah mencapai progres fisik 35%. Bendungan ini ditarget rampung setidaknya pada akhir 2018 mendatang.

Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air baku, bendungan ini juga dibangun sebagai fungsi konservasi Sumber Daya Air, pendidikan dan diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Batam.

Saat ini Kementerian PUPR juga tengah mencari lokasi lain yang memiliki potensi untuk dibangun embung dan bendungan muara seperti Bendungan Sei Gong. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com