Follow detikFinance
Jumat 24 Mar 2017, 19:05 WIB

Oktober 2018, MRT Bundaran HI-Ancol Mulai Dibangun

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Oktober 2018, MRT Bundaran HI-Ancol Mulai Dibangun Ilustrasi (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Mass Rapid Transit (MRT) Tahap I yang menghubungkan Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) sepanjang 16 kilometer (Km) bakal segera rampung pengerjaannya pada 2019 mendatang.

Tak berhenti sampai di situ, pembangunan moda transportasi yang diyakini bakal menjadi solusi kemacetan di Ibu Kota ini bakal berlanjut ke tahap II, melanjutkan dari Hotel Indonesia menuju Ancol Timur.

Sekretaris PT MRT Jakarta, Hikmat mengatakan, pembangunan tahap II yang sejatinya bakal dimulai pada 2019 bakal dimajukan menjadi tahun 2018, menyusul arahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Awalnya kan kami merencanakan di 2019. Tapi sesuai arahan Presiden, beliau minta dipercepat. Jadi di kuartal IV 2018, mungkin di Oktober kita mulai groundbreaking," katanya kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Jalurnya yang semula akan dibangun dari HI hingga Kampung Bandan pun kini tengah dikaji agar bisa dilakukan sampai Ancol Timur.

"Untuk trasenya itu, kalau yang sementara kan dari bundaran HI sampai ke Kampung Bandan. Tapi memang ada perintah dari Pemprov untuk sampai ke Ancol Timur. Ini masih dalam pembahasan dengan DPRD. Kita hormati proses itu," sambungnya.

Meski belum bisa menerangkan lebih jauh mengenai mekanisme pendanaannya, Hikmat mengatakan, pembangunan tahap II juga akan dengan kombinasi jalur elevated atau melayang dan juga bawah tanah.

Seperti diketahui, pembangunan proyek MRT terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama menghubungkan jalur Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 16 kilometer. Tahap kedua dimulai dari Bundaran HI dan direncanakan sampai Ancol Timur sepanjang 13,5 kilometer, dan tahap ketiga menyambungkan Cikarang-Balaraja sepanjang 87 kilometer. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed