Sri Mulyani: Separuh Ekonomi RI Masih Terpusat di Jawa

Maikel Jefriando - detikFinance
Jumat, 24 Mar 2017 19:55 WIB
Foto: Dok. Kemenkeu
Bandung - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan salah satu tantangan di Indonesia saat ini adalah ketimpangan. Berdasarkan wilayah, Sri Mulyani membagi Jawa dan luar Jawa.

Menurut Sri Mulyani, 57% kegiatan ekonomi di Indonesia berada di Jawa. Bukan itu saja, dari sisi penerimaan pajak, 80% penerimaan pajak berasal dari Jawa.

Sedangkan untuk pulau-pulau yang lain seperti Sumatera, Kalimantan, dan Papua, adalah contoh wilayah yang diversifikasi ekonominya kurang karena sangat tergantung pada komoditas.

"Makanya kalau anda lihat pertumbuhan mereka sangat terpukul oleh harga komoditas yang dalam 3 tahun ini melemah," ujar Sri Mulyani dalam kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Aula Barat ITB, Jumat (24/3/2017).

Kemudian, Jawa, Sulawesi, dan Bali, adalah wilayah mampu mendiversifikasi ekonominya.

"Bali karena ada pariwisata. Sulawesi karena ada industrialisasi dan pertanian. Sulawesi adalah salah satu pulau yang pertumbuhannya tinggi," terang Sri Mulyani.

Berkaca pada kondisi ini, Sri Mulyani menjelsakan tantangan saat ini menghadirkan pembangunan lebih merata, dan masing-masing pulau atau provinsi memiliki diversifikasi ekonomi. Sehingga mereka memiliki daya tahan yang cukup. (hns/hns)