Follow detikFinance
Jumat 31 Mar 2017, 11:27 WIB

Penunggak Pajak Disandera 6 Bulan di Nusakambangan, Bisa Diperpanjang

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Penunggak Pajak Disandera 6 Bulan di Nusakambangan, Bisa Diperpanjang Foto: Ilustrasi oleh Basith Subastian/detikcom
Jakarta - Untuk ke sekian kalinya, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyandera wajib pajak yang bandel dan tidak menyelesaikan tunggakan pajak yang mencapai Rp 6,5 miliar ke Lapas Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Sebelum dipindahkan ke Nusakambangan, penunggak pajak berinisial HS menghuni Lapas Kebon Waru, Bandung sejak 9 Mei 2016.

Penyanderaan terhadap penunggak pajak awalnya dilakukan selama 6 bulan. Lamanya penyanderaan juga bisa diperpanjang jika tidak ada itikad baik dari wajib pajak untuk melunasi pajak terutangnya.

"Masa penyanderaan 6 bulan dan bisa diperpanjang," jelas Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Tunggakan pajak minimum yang bisa dilakukan penyanderaan adalah sebesar Rp 100 juta, dengan jumlah tunggakan pajak HS sebesar Rp 6,5 miliar maka termasuk salah satu yang terbesar.

"Itu bisa jadi satu ketetapan atau akumulasi karena yang ditagih petugas pajak itu, juru sita bisa tunggal bisa kumulatif, bisa diperiksa PPh, PPN," tutur Yustinus. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed