Follow detikFinance
Kamis 06 Apr 2017, 15:00 WIB

Investor Lokal dan Prancis Incar Proyek Bandara Bali Utara

Prins David Saut - detikFinance
Investor Lokal dan Prancis Incar Proyek Bandara Bali Utara Foto: Rachman Haryanto
Nusa Dua - Rencana pemerintah membangun bandara skala besar di utara Pulau Bali akan difinalisasi tahun ini. Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sugihardjo, bandara di Bali Utara sudah sangat dibutuhkan.

"Kebutuhan bandara di Bali Utara sudah urgent, karena keterbatasan Bandara Ngurah Rai dengan satu runway melayani 27 penerbangan per jam, kalau dioptimalkan maksimal jadi 35 penerbangan per jam saja dan itu mentok," kata Sugihardjo di Nusa Dua, Bali, Kamis (6/4/2017).

Saat ini ada dua proposal pembangunan bandara di utara Pulau Dewata yang sudah diterima pemerintah. Proposal pertama menyajikan pembangunan di darat, proposal kedua menawarkan pembangunan sebagian besar di laut melalui reklamasi.

"Pembangunan bandara di dunia selalu menghindari lahan subur. Oleh karena itu akan dikaji aspek lingkungan, sosial dan ekonominya. Ini akan melibatkan Pemda, akademisi Universitas Udayana, tokoh adat dan tokoh masyarakat," ujar Sugihardjo.

Selain itu, ada dua investor yang tertarik dengan pembangunan ini, yakni investor Indonesia dan investor asal Prancis. Bandara ini diharapkan akan memiliki landasan pacu atau runway yang cukup panjang untuk bisa digunakan pesawat-pesawat berbadan besar seperti A380.

"Belum ada finalisasi tapi kita berharap tahun ini sudah ada keputusan. Ada dua investor yang tertarik, satu pihak Prancis dan yang satu pihak nasional. Disampaikan untuk Bali Utara landasannya harus panjang agar pesawat berbadan besar bisa masuk. Itu dari sisi demand sangat potensial," ucap Sugihardjo.

"Mungkin dalam waktu dekat akan ada launching terkait hal ini. Nanti Pak Menteri (Budi Karya) yang menyampaikan," tutur Sugihardjo. (vid/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed