Gaya Menteri PUPR Vlogging di Proyek Tol Bawen-Salatiga

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 07 Apr 2017 21:50 WIB
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Semarang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono tak mau ketinggalan dengan tren Video Blogging atau yang dikenal dengan Vlogging. Vlogging merupakan suatu bentuk kegiatan blogging atau bercerita dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama.

Hal tersebut dilakukannya pada saat melakukan kunjungan kerja peninjauan progres tol Bawen-Salatiga yang bakal dibuka secara fungsional untuk mudik Lebaran tahun ini. Basuki tampak sumringah memegang action cam yang dimilikinya, bercerita di depan kamera mengenai apa yang sedang dilakukannya pada saat itu.

"Oke, kita sekarang ada di ruas jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,5 km, di ruas yang paling berat karena harus memotong tebing dengan ketinggian 17 meter. Sehingga harus dipotong kira-kira 250 ribu meter kubik lagi," kata Basuki di depan action cam yang dipegangnya di ruas tol Bawen-Salatiga, Semarang, Jumat (7/4/2017).

Menteri PUPR Vlogging di Tol Bawen-SalatigaMenteri PUPR Vlogging di Tol Bawen-Salatiga Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance

Meski di tengah gerimis, Basuki tetap melanjutkan aksinya dan terus menceritakan bagaimana kondisi terkini dan target yang akan dicapai ke depan. Sesekali ia mengarahkan kamera ke penampakan sekitar tol yang membelah gunung tersebut. Nantinya, video ini akan dimasukkan ke dalam akun YouTube resmi milik Kementerian PUPR.

"Ini terus dikerjakan dengan target tol Semarang-Solo bisa dioperasikan tahun 2018. Saya dan teman-teman Adhi Karya siap melaksanakan pekerjaan ini sesuai dengan target. Terimakasih teman-teman Adhi yang bekerja keras untuk bisa menyelesaikan target. Terima kasih," tutup dia.

Sebelumnya Basuki juga melakukan hal yang sama saat meninjau pengerjaan penanganan eceng gondok di Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang. Beberapa waktu sebelumnya, Basuki juga melakukan hal yang sama saat dirinya melakukan kunjungan kerja melihat salah satu Bendungan terbesar di China.

Menteri PUPR Vlogging di Tol Bawen-SalatigaMenteri PUPR Vlogging di Tol Bawen-Salatiga Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance

Tren Vlogging memang tengah digandrungi oleh banyak orang saat ini. Berbagai kalangan masyarakat melalukan hal ini, mulai dari masyarakat biasa seperti pelajar, artis, kalangan profesional, hingga menteri dan Presiden Joko Widodo. (hns/hns)