Jokowi: Pembangunan Bandara Kertajati Kurang Cepat

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Kamis, 13 Apr 2017 20:27 WIB
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta - Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Bandung dan Cirebon, Jawa Barat, juga dimanfaatkan untuk menanyakan kemajuan proyek infrastruktur. Salah satunya adalah pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Majalengka.

"Ya saya kira banyak hal ya tadi saya mendapatkan masukan dari Wakil Gubernur (Jawa Barat Dedy Mizwar) mengenai Airport Kertajati yang berjalan, jalan baik tapi kurang cepat. Ini yang mau saya dorong agar lebih cepat," kata Jokowi usai acara di Sport Hall Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/4/2017).

Pada Februari 2017 tercatat pembangunan pembangunan sisi udara sudah mencapai angka 79%. Sedangkan fasilitas sisi udara mencapai 29,4%, Air Traffic Control (ATC) mencapai 40%, dan pemasangan pipa hidran bahan bakar mencapai 43,6%.

"Ini yang mau saya dorong agar lebih cepat. Sehingga 2019 itu bisa selesai. Syukur 2018 akhir bisa selesai," kata Jokowi.

Kementerian Perhubungan telah menyuntikkan dana Rp 249 miliar guna percepatan pembangunan bandara ini. Dana tersebut diperuntukan untuk tahap penyelesaian rapid taxi way, apron lighting, dan pekerjaan yang bersifat elektrifikasi. (bpn/dna)