Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Apr 2017 20:57 WIB

Jokowi Minta Pembangunan Tol Bocimi Dipercepat

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Ilustrasi (Foto: Dina Rayanti-detikFinance) Ilustrasi (Foto: Dina Rayanti-detikFinance)
Jakarta - Rampungnya proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sangat dinanti masyarakat. Presiden Jokowi juga meminta agar pengerjaannya cepat selesai.

"Gubernur (Jawa Barat Ahmad Heryawan) minta untuk percepatan Tol Bocimi. Ini juga kalau dari Jakarta sampai Sukabumi bisa enam jam sampai sembilan jam. Ini kan, waduh," kata Jokowi usai acara di Sport Hall Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/4/2017).

Jokowi menilai rute dari Bogor hingga Sukabumi sebetulnya tak jauh. Namun kemacetan membuat waktu tempuh menjadi tak efisien.

"Jarak pendek tapi waktu tempuhnya sangat jauh sekali. Enam sampai sembilan jam. Ini juga akan saya dorong agar lebih dipercepat," tutur Jokowi.

Kemacetan parah yang sering terjadi di jalur Ciawi-Sukabumi diharapkan dapat terurai bila jalan tol sepanjang 54 kilometer (km) ini bisa rampung. Waktu tempuh berjam-jam bisa dipangkas menjadi hanya 1 jam dengan adanya Tol Bocimi.

Dari catatan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol Bocimi memiliki empat seksi dengan nilai investasi mencapai Rp 7,7 triliun. Badan Usaha Jalan Tol proyek ini adalah PT Trans Jabar Tol, anak usaha PT Waskita Karya Tbk. (bpn/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com