Follow detikFinance
Jumat 14 Apr 2017, 16:29 WIB

Pelni akan Operasikan Kapal Pesiar Oktober Tahun Ini

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pelni akan Operasikan Kapal Pesiar Oktober Tahun Ini Ilustrasi Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom
Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) akan mengoperasikan kapal pesiar untuk mendukung pariwisata dalam negeri Oktober tahun ini. Dalam hal ini, Pelni menggandeng PT Patra Jasa (Persero) yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero), di mana Patra Jasa yang membeli atau menyewa kapal pesiar, sedangkan Pelni sebagai operatornya.

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Pelni dengan Patra Jasa pada 7 April 2017 lalu.

"Rencananya Oktober atau November sudah beroperasi," jelas Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni, Akhmad Sujadi, kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (14/4/2017).

Dengan beroperasinya kapal pesiar pada Oktober 2017 mendatang, Pelni akan melanjutkan paket wisata bahari yang pertama kali dirilis pada 2014 lalu. Kapal pesiar ini nantinya dapat mengangkut penumpang hingga 400 orang.

"Kapal pesiar berkapasitas antara 300-400 orang ini sedang dipilih yang terbaik dan diharapkan dapat dioperasikan tahun 2017 ini," tutur Sujadi.

Berbagai rute wisata bahari pun ditawarkan, baik berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan berlayar menuju beberapa destinasi wisata prioritas pemerintah seperti Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang, hingga Morotai.

"Selanjutnya untuk rute lainnya, kapal bisa menuju Banda Neira, Misool, Bunaken," kata Sujadi.

Dengan doperasikannya kapal pesiar oleh Pelni pada Oktober 2017 mendatang, Sujadi berharap wisatawan domestik dan mancanegara bisa memiliki alternatif untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

"Dengan adanya cruise Pelni akan semakin banyak wisatawan domestik yang bisa menikmati wisata bahari di negeri sendiri. Di sisi lain bagi wisatawan asing, bisa mendapatkan tambahan cara untuk berkeliling dan menikmati keindahan serta kekayaan wisata bahari di Indonesia," tutup Sujadi. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed