Follow detikFinance
Sabtu 15 Apr 2017, 16:20 WIB

Jokowi Lega, Tol Akses Priok Akhirnya Rampung Setelah 9 Tahun

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jokowi Lega, Tol Akses Priok Akhirnya Rampung Setelah 9 Tahun Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Jalan tol akses Tanjung Priok akhirnya resmi dibuka dan akan beroperasi Minggu besok (16/4). Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang datang langsung meresmikan mengaku lega, akhirnya jalan tol sepanjang 11,4 km ini bisa rampung setelah pembangunannya dimulai sejak 9 tahun yang lalu.

Menurutnya, jalan bebas hambatan akses Tanjung Priok ini akan mampu mendukung akses keluar dan masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok yang diketahui sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia. Tol ini sendiri akan terhubung langsung dengan jaringan lintasan truk menuju lokasi-lokasi penyimpanan kargo alias peti kemas yang akan dikapalkan.

Jokowi Lega, Tol Akses Priok Akhirnya Rampung Setelah 9 TahunFoto: Lamhot Aritonang
Dengan terkoneksinya Tol Akses Tanjung Priok ke lintasan menuju lokasi penyimpanan kargo ini, aktivitas transportasi keluar pelabuhan pun juga akan lebih cepat dan teratur.

"Jalan tol akses Tanjung Priok ini, nantinya akan dilewati kurang kebih 3.600 truk kontainer setiap hari. Sebuah lalu lalang yang sangat besar. Oleh karena itu, ini akan memberikan daya saing yang sangat baik pada kecepatan barang-barang dari dan ke pelabuhan Tanjung Priok," kata Jokowi saat memberikan sambutan di lokasi, Jakarta, Sabtu (15/4/2017).


"Karena kita harus ingat, bahwa pelabuhan ini adalah main port kita, pelabuhan utama kita. Di mana sebelum disebarkan ke pelabuhan-pelabuhan lain di seluruh Indonesia, semuanya ngumpul di sini. Begitu di sini tidak lancar, begitu di sini tidak cepat, semunya juga akan menjadi lambat. Alhamdulillah, ini segera nanti bisa dioperasikan, sehingga kecepatan kontainer untuk masuk ke kapal, kecepatan keluar dari Tanjung Priok ini bisa dilayani dengan baik," sambungnya.

Besok, jalan tol ini akan dibuka secara gratis hingga sebulan ke depan. Sementara ini, pengoperasiannya akan dilaksanakan oleh PT Jasa Marga dan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), sambil dilakukannya proses penetapan operator dan penetapan tarif, karena tol ini akan terintegrasi antara ruas tol JORR dan Akses Tanjung Priok. (mca/mca)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed