Follow detikFinance
Sabtu 15 Apr 2017, 18:02 WIB

Gratis 30 Hari, Berapa Tarif Tol Akses Priok Nantinya?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Gratis 30 Hari, Berapa Tarif Tol Akses Priok Nantinya? Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta - Tol akses Tanjung Priok bakal segera beroperasi Minggu (16/4) besok. Dalam waktu sebulan ke depan, tol sepanjang 11,4 km ini bakal dibuka secara gratis atau tidak dikenakan biaya.

Lantas, berapa tarif yang akan dikenakan untuk tol ini nantinya?

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, tol ini nantinya akan terintegrasi dengan jalan tol lingkar luar Jakarta/Jakarta Outter Ring Road 1, sehingga akan ada perubahan tarif untuk tol JORR 1, menunggu penghitungan tarif integrasi selama sebulan ke depan.

"Ini mau diintegrasikan dengan JORR, jadi saya kira tidak akan banyak berubah (tarif JORR 1). Ini sistem terbuka, jadi mungkin (tarifnya) mudah-mudahan sangat minimal sekali. Karena kita integrasikan, jadi terbuka, nanti bayarnya cuma sekali," kata Basuki saat ditemui di lokasi, Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

Saat ini, Kementerian PUPR sendiri tengah melaksanakan proses pengadaan lahan pada Seksi W2 sepanjang 6 km yang akan menghubungkan jalan tol Akses Tanjung Priok dengan tol dalam kota dan ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2019 bila tidak ada kendala pembebasan tanah dan pembiayaan.

"Namun demikian kita perlu memonitor hubungan antara pola transportasi dan tata guna lahan yang berubah dengan keberadaan ruas tol baru ini," tambahnya.

Jalan tol ini akan meningkatkan kapasitas jalan metropolitan Jakarta dan semakin memperkuat konektivitas dalam mengembangkan potensi ekonomi Indonesia, mengurangi waktu tempuh dan menurunkan biaya transportasi.

Selain itu jalan tol yang dibangun dengan biaya konstruksi Rp 4,1 triliun ini juga menjadi percontohan jalan tol ramah lingkungan yang dilengkapi dengan sound barrier, terutama yang berada disamping Rumah Sakit Koja sehingga tidak mengganggu ketenangan aktivitas rumah sakit. (mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed