Follow detikFinance
Senin 17 Apr 2017, 15:38 WIB

Kualitas Hidup Manusia di Jakarta Paling Tinggi di Indonesia

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kualitas Hidup Manusia di Jakarta Paling Tinggi di Indonesia Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Provinsi DKI Jakarta masih menjadi provinsi yang paling tinggi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nya. Meski laju pertumbuhan IPM nya selama periode 2015-2016 masih kalah dibanding pertumbuhan IPM provinsi Papua, Provinsi yang kotanya terkenal dengan kemacetan lalu lintasnya ini menjadi provinsi paling tinggi IPM nya dengan angka mencapai 79,60 (tumbuh 0,77% dibanding 2015).

Berdasarkan data BPS yang dikeluarkan hari ini, komponen Angka Harapan Hidup saat lahir (AHH), provinsi DKI Jakarta saat ini mencapai angka 72,49 tahun. Sedangkan komponen Harapan Lama Sekolah (HLS), provinsi DKI mencatat peningkatan 0,14 tahun dibanding tahun sebelumnya menjadi 12,73 tahun.

Untuk komponen Rata-rata Lama Sekolah (RLS), provinsi DKI juga mengalami peningkatan dari periode yang sama menjadi 10,88 tahun. Provinsi DKI Jakarta juga menjadi provinsi paling tertinggi pengeluaran per kapitanya, yang mencapai Rp 17,46 juta.

Sebagai informasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk).

IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Hal ini membuat IPM menjadi indikator yang digunakan untuk meIihat perkembangan pembangunan daIam jangka panjang.

IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak. Umur panjang dan hidup sehat digambarkan oleh Angka Harapan Hidup saat lahir (AHH), yaitu jumlah tahun yang diharapkan dapat dicapai oleh bayi yang baru lahir untuk hidup, dengan asumsi bahwa pola angka kematian menurut umur pada saat kelahiran sama sepanjang usia bayi.

Pengetahuan diukur melalui indikator Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Harapan Lama Sekolah (HLS). Rata-rata Lama Sekolah (RLS) adalah rata-rata lamanya penduduk usia 25 tahun ke atas dalam menjalani pendidikan formal. Harapan Lama Sekolah (HLS) didefinisikan sebagai lamanya (tahun) sekolah formal yang diharapkan akan dirasakan oleh anak pada umur tertentu di masa mendatang. Sedangkan standar hidup yang layak digambarkan oleh pengeluaran per kapita disesuaikan.

Papua, Sumatera Selatan dan Jawa Timur

Pada periode 2015-2016, tercatat tiga provinsi dengan kemajuan pembangunan manusia paling cepat, yaitu Provinsi Papua (1,40%), Provinsi Sumatera Selatan (1,16%), dan Provinsi Jawa Timur (1,15%).

"Kemajuan pembangunan manusia di Provinsi Papua didorong oleh dimensi pendidikan, di Provinsi Sumatera Selatan didorong oleh dimensi standar hidup layak, dan di Provinsi Jawa Timur lebih dikarenakan perbaikan pendidikan dan standar hidup layak," terang Kecuk Suhariyanto di Jakarta, Senin (17/4/2017).

Sementara itu, kemajuan pembangunan manusia paling lambat terjadi di Provinsi Kepulauan Riau (0,33%), Kalimantan Barat (0,44%), dan Riau (0,51%). Praktis hanya pertumbuhan komponen angka harapan hidup yang lebih baik dari ketiga provinsi ini dibanding Papua yang menjadi provinsi dengan pertumbuhan IPM paling tinggi. Sedangkan untuk harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran per kapita, ketiga provinsi ini masih kalah pertumbuhannya dibanding Papua.

Sementara kemajuan pembangunan manusia pada tahun 2016 memang terasa nyata jika melihat perubahan status pembangunan manusia di tingkat provinsi. Jumlah provinsi yang berstatus sedang, berkurang dari 25 provinsi pada tahun 2015 menjadi 21 provinsi pada tahun 2016. Keempat provinsi yang berubah status dari sedang menjadi tinggi tersebut adalah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jawa Barat.

Sehingga untuk provinsi yang pembangunan manusianya berkategori tinggi menjadi 12 provinsi, yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Banten, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Sementara itu, sejak 2010 hingga 2016, masih terdapat satu provinsi yang berstatus pembangunan manusia nya rendah, yaitu Provinsi Papua. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed