Follow detikFinance
Selasa 18 Apr 2017, 09:38 WIB

Palangka Raya Jadi Ibu Kota Baru, Industri Hilir Sawit akan Tumbuh

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Palangka Raya Jadi Ibu Kota Baru, Industri Hilir Sawit akan Tumbuh Foto: Jhoni Hutapea
Jakarta - Salah satu lokasi ibu kota baru yang sedang dikaji Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) adalah Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Ini sesuai keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota ke luar Jawa.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng berharap, jika ibu kota jadi pindah, maka bisa memacu investasi di sektor industri hilir.

"Kita mengharapkan sektor hilir bisa dibangun, jadi hilirisasi," kata Plt Sekda Pemprov Kalteng, Syahrin Daulay, kepada detikFinance, Senin (17/4/2017).

Dia mencontohkan, Kalteng memiliki lahan kebun kelapa sawit cukup luas. Namun, selama ini kelapa sawit hanya dijual gelondongan ke luar Kalteng.

Padahal, jika diolah menjadi produk jadi atau setengah jadi, akan memberikan nilai tambah bagi Kalteng.

"Nantinya hilir yang perlu kita bangun. Selama ini hanya gelondongan dari perkebunan, tapi nanti bisa diproduksi produk jadi atau setengah jadi," tutur Syahrin.

Yang jelas, Pemprov Kalteng menanti keputusan pemerintah memindahkan ibu kota baru ke salah satu provinsi di Kalimantan itu. Selain itu, persiapan menuju ibu kota baru juga sedang berjalan.

Contohnya persiapan infrastruktur seperti jalan, bandara, jalur kereta api, listrik, dan air.

"Kalau memang betul-betul jadi dari pemerintah, tentunya akan kita evaluasi apakah semuanya sudah cukup," pungkas Syahrin. (hns/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed