Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 14:51 WIB

Bertemu Wapres AS, JK Sebut Urusan Freeport Telah Selesai

Muhammad Taufiqqurahman - detikFinance
Bertemu Wapres AS, JK Sebut Urusan Freeport Telah Selesai Foto: Dok. Biro Setwapres
Jakarta - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Istana Wapres. JK menyebut persoalan PT Freeport telah selesai sehingga tidak diperlukan lagi pembicaraan dengan pemerintah AS.

"Saya dahulu mengatakan bahwa itu sudah selesai urusannya. Jadi jangan disinggung lagi," kata JK kepada wartawan usai pertemuannya dengan Mike Pence, Kamis (20/4/2017).

"Supaya jangan dia menyinggung saya bilang Freeport sudah tidak urusan, itu B to B. dan sudah selesai persoalanya. Tinggal biasa perbaikan-perbaikan kontrak dan dia tidak tanggapi itu. Tidak dibicarakan," sambungnya.
Bertemu Wapres AS, JK Sebut Urusan Freeport Telah SelesaiFoto: Dok. Biro Setwapres

Sebelumnya, agar kegiatan operasi dan produksi di Tambang Grasberg tak terganggu, pemerintah telah menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang berlaku hingga Oktober 2017 untuk PTFI. Rekomendasi izin ekspor juga telah diberikan, dengan demikian PTFI dapat kembali mengekspor konsentrat.

Tetapi, sampai saat ini PTFI belum mengajukan izin ekspor konsentrat ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) meski telah mengantongi rekomendasi ekspor dari Kementerian ESDM.

Kabar terbaru, PTFI merasa keberatan dengan Bea Keluar (BK) ekspor konsentrat yang dikenakan pemerintah, yakni sebesar 7,5%. Besarnya BK ini telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 13 Tahun 2017 (PMK 13/2017). (fiq/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed