Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 18:05 WIB

Risiko Politik Naik, Ekonomi RI Bisa Terganggu

Dana Aditiasari - detikFinance
Risiko Politik Naik, Ekonomi RI Bisa Terganggu Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Perkembangan hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta turut menjadi perhatian dunia internasional. Salah satunya datang dari lembaga pemeringkat Fitch's Asia-Pacific. Lembaga ini juga menyoroti dampak perkembangan politik terhadap program pembangunan dan dampak lanjutan pada roda perekonomian.

"Hasil awal dari Pilkada DKI Jakarta yang tegang tampaknya menunjukkan bahwa faktor agama dapat memainkan peran yang semakin penting dalam pemilihan Indonesia di masa depan," kata Thomas Rookmaaker, Director in Fitch's Asia-Pacific Sovereigns dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/4/2017).

Ia mengakui, memang tidak ada indikasi bahwa hasil pemilihan secara langsung akan mempengaruhi dukungan publik dan politik bagi pemerintah nasional dan kebijakan pada tahap ini.

"Namun, ketegangan serupa yang disaksikan di Jakarta dapat muncul kembali menjelang pemilihan presiden di 2019," tutur dia.

Kondisi ini lah yang menjadi perhatian lembaga keuangan dan masyarakat di dunia. Menurutnya, program pembangunan yang tengah dan akan berjalan, bisa terganggu dengan ketegangan politik yang mungkin timbul.

"Besarnya dukungan untuk agenda kebijakan pemerintah dapat terpengaruh secara negatif dalam proses ini," sambung dia. (dna/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed