Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 18:37 WIB

Rapat dengan Gubernur DIY dan Jambi, Ini Pesan Jokowi

Ray Jordan - detikFinance
Rapat dengan Gubernur DIY dan Jambi, Ini Pesan Jokowi Foto: Muhammad Iqbal/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) tentang proyek strategis dan program prioritas nasional di Yogyakarta dan Jambi. Hadir dalam ratas itu Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jambi, Zumi Zola.

Kepada Sri Sultan, Jokowi berpesan agar Pemprov Yogyakarta mengembangkan industri berbasis non sumber daya alam seperti industri jasa dan kreatif.

"Saya minta pemerintah daerah istimewa Yogyakarta bisa lebih memberikan perhatian khusus untuk pengembangan industri jasa, industri pariwisata maupun industri kreatif yang berpotensi sangat besar di Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Jokowi di Kantor Kepresidenan, Kamis (20/4/2017).

Jokowi mengatakan, kunci keberhasilan dari pengembangan industri jasa pariwisata dan industri kreatif adalah keberanian untuk investasi pada penyiapan sumber daya manusia. Selain itu kita juga harus melakukan investasi budaya serta memperkuat aksesibilitas.

"Jadi tidak hanya membangun infrastruktur fisik tapi juga membangun infrastruktur sosial dan infrastruktur budaya," ujar Jokowi.

Sementara itu, kepada Gubernur Jambi, Jokowi berpesan disiapkan infrastruktur yang bisa menopang pertanian hingga perikanan. Sebab, selama ini ini ekonomi Jambi ditopang sektor tersebut.

"Ekonomi di Jambi selama ini ditopang oleh sektor pertanian,kehutanan, perikanan dan diikuti sektor perdagangan dan untuk mendukung produktivitas sektor pertanian saya minta disiapkan infrastruktur pendukungnya baik infrastruktur bendungan, irigasi, pupuk serta peningkatan teknologi pertanian," tutur Jokowi.

Selain itu, agar nilai tambah perekonomian di Jambi meningkat, maka Jokowi meminta Pemprov Jambi mengembangkan hilirisasi industri. Misalnya sektor pertanian dengan industri pengolahannya.

Jokowi menambahkan, kehadiran industri hilir bukan hanya mempercepat pertumbuhan ekonomi, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi ketimpangan pendapatan yang ada.

"Selain itu saya minta agar proses distribusi hasil pertanian dan olahannya juga menjadi perhatian kita bersama," tutur Jokowi. (hns/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed