Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 08:30 WIB

Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Segera Dilelang

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Segera Dilelang Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah menargetkan tol Trans Jawa bakal tersambung, dari Merak hingga Surabaya pada 2018 mendatang. Kemudian tersambung hingga Banyuwangi pada 2019. Mengejar target tersebut, kini pemerintah mempersiapkan lelang ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi.

"April ini kita lelang bertahap, enggak langsung sekaligus. Yang mau kita umumkan itu Probolinggo-Banyuwangi. Karena memang itu yang ditargetkan selesai 2019, lalu kesiapannya juga," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta seperti ditulis Jumat (21/4/2017).

Panjang ruas tol Probolinggo-Banyuwangi sekitar 170,36 kilometer (km). Herry mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah pernah melakukan prakualifikasi lelang untuk ruas Probolinggo-Banyuwangi.

Prakualifikasi lelang adalah tahap sebelum lelang sebagai waktu bagi badan usaha yang berminat menjadi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memasukkan dokumennya. Hasilnya, terdapat tiga badan usaha yang lolos prakualifikasi lelang.

Namun, karena belum adanya penetapan lokasi oleh Gubernur Jawa Timur terkait sumbu jalannya (trace), maka setelah penetapan lokasi diterbitkan, BPJT akan kembali melakukan prakualifikasi lelang.

Peserta tender yang sudah lulus pra kualifikasi, di antaranya PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk, Konsorsium PT Jasa Marga Tbk - PT Waskita Toll Road - PT Brantas Abipraya (Persero), dan Enka Insaat Ve Sanayi A.S.

Jika pemenang lelang nanti sudah ditetapkan, maka ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi dapat segera dibangun dengan melakukan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dengan pemenang lelang. Dengan demikian, Tol Trans-Jawa yang ditargetkan tersambung pada 2018 sampai Surabaya, dan dapat tersambung lagi sampai Banyuwangi pada 2019. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed