Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 18:42 WIB

Ke Jepang, Susi Kerja Sama Pelabuhan Hingga Pendidikan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ke Jepang, Susi Kerja Sama Pelabuhan Hingga Pendidikan Foto: Wahyu Daniel/detikFinance
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, belum lama ini bertolak ke Jepang, untuk menjajaki kerja sama dengan Negeri Sakura tersebut di sektor kelautan dan perikanan.

Susi mengatakan, salah satu kerja sama yang akan dilakukan bersama dengan Jepang ialah, terkait dengan pembangunan pelabuhan perikanan di 6 pulau terluar Indonesia.

"Ke Jepang kemarin menjajaki kerjasama pembangunan 6 pulau terluar, yaitu pelabuhan perikanan di 6 pulau terluar. Sabang, Natuna, Morotai, Biak, Saumlaki, Moa," kata Susi di rumah dinas menteri Jalan Widya Chandra, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Selain itu, Susi juga mengatakan dirinya meminta Jepang untuk memberikan 6 buah coastal radar atau radar canggih untuk mendeteksi semua benda di laut, termasuk kapal-kapal pencuri ikan, seperti yang pernah diberikan pihak Jepang di Wakatobi.

"Kita juga minta bantuan coastal radar seperti yang sudah mereka kasihkan di wakatobi," terangnya.

Selain itu, kata Susi, Indonesia dan Jepang juga berencana membangun kerja sama capacity building atau sarana edukasi, untuk meningkatkan fungsi pengawasan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP). Caranya dengan memberikan bea siswa kepada para petugas PSDKP untuk bersekolah di Jepang.

Susi mengatakan bantuan yang diberikan Jepang ini akan menjadi bentuk investasi Jepang pertama yang di luar otomotif dan infrastruktur. Sebab, menurutnya Jepang mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh KKP untuk menjaga kelestarian sumber daya laut melalui moratorium dan IUUF selama 2 tahun belakangan.

"Jepang menyadari dengan apa yang kita lakukan di laut 2 tahun ini, sourching seafood terbanyak di Indonesia. Dan ekspor kita ke Jepang untuk tuna no 1," tuturnya (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed