Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 21:15 WIB

Kemenhub: Pembangunan LRT Palembang Agak Lambat

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kemenhub: Pembangunan LRT Palembang Agak Lambat Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Progres pembangunan moda transportasi Light Rapid Transit (LRT) Palembang atau Sumatera Selatan saat ini telah mencapai konstruksi 40%. Kasubdit Kelayakan Jalan Kereta Api Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Jumardi mengatakan progres ini sebenarnya cukup lambat lantaran tak mencapai progres dari target yang dijadwalkan.

"LRT Sumsel, progres saat ini sudah mencapai 40%. Menurut saya ini masih agak terlambat karena targetnya itu, waktu saya jadi PPK nya, akhir tahun ini konstruksinya harusnya sudah selesai," katanya dalam paparan pada acara Lokakarya Kementerian Perhubungan, di Hotel Aruna Senggigi, Lombok, Jumat malam (21/4/2017).

Progres konstruksi yang cukup lambat sendiri dikarenakan oleh pembangunan jembatan LRT di sungai Musi yang tergolong rumit lantaran harus memperhatikan lalu lintas yang berkaitan dengan aktivitas di Sungai. Selain itu kendala cuaca juga membuat progres pembangunan jembatan ini kurang cepat. Saat ini progres pembangunan jembatan masih sekitar 20%.

"Memang sempat ada persoalan di sana (jembatan sungai musi). Jembatan sungai musi yang dibuat, harusnya paling cepat sepuluh bulan. Sementara start-nya waktu itu terlambat. Sehingga paling optimis itu nanti selesai di Januari. Mudah-mudahan cuacanya mendukung karena itu pembangunannya di sungai," ungkap dia.

Namun demikian, target LRT Sumatera Selatan yang harus rampung sebelum Asian Games 2018 mendatang, membuat pekerjaan harus dilakukan percepatan. Ia mengatakan, LRT Sumsel diharapkan bisa beroperasi Juni nanti, dua bulan sebelum Asian Games 2018 dimulai.

"Ini bisa ontime dengan catatan dilakukan percepatan. Cuma memang, yang perlu jadi perhatian serius, karena dia (jembatan Sungai Musi) dibuat di sungai, arus lalu lintas yang melewati sungai perlu diperhatikan dan bagaimana kondisi sungainya," pungkasnya. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed