Jokowi ke Industri Kreatif: Bikin Kemasan yang Bagus

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 26 Apr 2017 13:00 WIB
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan industri kreatif bisa menjadi tumpuan harapan perekonomian Indonesia di masa mendatang. Jokowi berharap industri kreatif bisa terus maju dan berkembang ke depan.

Jokowi mengatakan, ada tiga faktor kunci agar industri kreatif Indonesia bisa terus maju dan bersaing di internasional. Di antaranya adalah harus mengerti selera konsumen, mengerti kondisi keuangan konsumen, dan harus senantiasa tepat waktu dalam bekerja.

"Saya titip pesan kepada industri kerajinan agar on spec, sesuai dengan spesifikasi pembeli. On budget, sesuai dengan kemampuan pembeli dan on time, yaitu tepat waktu. Kalau tiga hal ini dipenuhi, saya yakin kenaikan pembelian produk-produk kerajinan dari negara kita akan semakin naik," kata Jokowi saat memberikan sambutan di acara Inacraft 2017 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Baca juga: Jokowi: Masa Depan RI di Industri Kreatif

Selain itu, Jokowi mengingatkan pelaku usaha harus memperhatikan kemasan produk agar pembeli tertarik.

"Kemasan jangan lupa dibuat sebagus mungkin karena seringkali kemasan itu yang membuat pembeli jatuh cinta pada pandangan pertama," tutur Jokowi.

Jokowi juga mengajak pelaku usaha hingga kedutaan besar Indonesia di luar negeri lainnya ikut mempromosikan keunggulan produk-produk hasil industri kreatif.

"Saya minta di setiap kedutaan di konsulat di luar negeri untuk terus gencar melakukan promosi industri kreatif kita. Dan menurut saya, Inacraft adalah tempat paling baik untuk berpromosi, karena di sini penjual bisa berhubungan langsung dengan buyers internasional," pungkas Jokowi. (hns/hns)