Follow detikFinance
Rabu 26 Apr 2017, 13:08 WIB

MA Lantik Moermahadi Jadi Ketua BPK

Danang Sugianto - detikFinance
MA Lantik Moermahadi Jadi Ketua BPK Foto: Ari Saputra
Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memiliki wajah baru dikursi pucuk kepemimpinannya. Moermahadi Soerja Djanegara telah sah menjadi Ketua BPK, sementara Bahrullah Akbar menjadi wakilnya.

Pelantikan keduanya secara resmi dilakukan hari ini oleh Mahkamah Agung. Sebelumnya mereka telah terpilih secara aklamasi pada sidang anggota BPK 21 April 2017 yang lalu.

Moermahadi berjanji akan menjalankan tugas yang diembannya dengan baik. Sebagai pimpinan BPK dia berjanji akan melakukan pemeriksaan keuangan negara dengan baik.

"Sesuai dengan Undang-Undang BPK kita memang akan melakukan pemeriksaan keuangan negara. Kita harus periksa dengan independensif, integritas dan profesionalisme," tuturnya usai mengucap sumpah jabatan di Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Moermahadi menjadi ketua BPK menggantikan Harry Azhar Aziz. Padahal masa jabatan Harry sebagai ketua untuk periode 2014-2019.

Menurut Moermahadi, pemilihan ketua BPK sebelum masa jabatan habis memang sudah disepakati para anggota BPK dengan membentuk peraturan. Peraturan tersebut memperbolehkan anggota BPK untuk mengevaluasi pimpinannya dalam masa jabatan 2,5 tahun.

"Jadi pada saat 2014 waktu sebelum pelantikan Pak Harry Azhar kita sudah melakukan perubahan peraturan BPK mengenai pemilihan ketua dan wakil ketua. Itu dikatakan bahwa masa jabatan ketua dan wakil ketua 5 tahun tapi bisa dievaluasi dalam 2,5 tahun. Kalau anggota menghendaki pemilihan itu dilakukan. Jadi kita bukan mendadak sekarang, tapi dari 2014," terangnya.

Peraturan yang disebutkannya adalah Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2014 tentang perubahan atas Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK.
Ketua BPK Moermahadi Soerja DjanegaraKetua BPK Moermahadi Soerja Djanegara Foto: Ari Saputra


Berikut Struktur Baru Pimpinan BPK:

Ketua: Moermahadi Soerja Djanegara
Wakil Ketua: Bahrullah Akbar
Anggota I: Agung Firman Sampurna
Anggota II: Agus Joko Pramono
Anggota III: Achsanul Qosasi
Anggota IV: Rizal Djalil
Anggota V: Isma Yatun
Anggota VI: Harry Azhar Azis
Anggota VII: Edy Mulyadi (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed