Follow detikFinance
Senin 01 May 2017, 13:05 WIB

Terminal 3 Soetta Resmi Layani Penerbangan Internasional

Muhammad Idris - detikFinance
Terminal 3 Soetta Resmi Layani Penerbangan Internasional Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) resmi melayani penerbangan internasional. Garuda Indonesia jadi maskapai pertama yang melayani penerbangan rute luar negeri di terminal yang sebelumnya bernama Terminal 3 Ultimate tersebut.

Peresmian penerbangan internasional perdana tersebut ditandai dengan melepas keberangkatan penerbangan GA 820 rute Jakarta-Kuala Lumpur dan menyambut kedatangan penerbangan GA 823 rute Singapura-Jakarta. Penerbangan GA 820 dari Jakarta tujuan Kuala Lumpur berlangsung pada pukul 08.35 WIB, sedangkan kedatangan penerbangan GA 823 dari Singapura mendarat pukul 08.15 WIB.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury mengatakan, resmi beroperasinya layanan penerbangan internasional Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, menandai upaya peningkatan layanan pada penumpang maskapai pelat merah tersebut. Apalagi dilihat dari segi fasilitas, terminal baru ini diakui lebih lengkap dan modern.

"Kami juga ingin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Angkasa Pura II yang berhasil menyediakan layanan bandara bertaraf internasional dengan fasilitas modern, yang tentunya akan semakin menunjang layanan operasional layanan yang kami berikan kepada seluruh pengguna jasa" kata Pahala dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/5/2017).

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengungkapkan, rute internasional yang melalui Terminal 3 ini baru dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia.

"AP II optimistis beroperasinya penerbangan internasional di Terminal 3 dapat semakin menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu penopang pertumbuhan pariwisata, di samping tentunya peningkatan roda perekonomian Indonesia. Penerbangan rute internasional dapat dilayani melalui Terminal 3 di mana tahap pertama ini khusus yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia" ujar Awaluddin.

Di sisi lain, Angkasa Pura II melengkapi pengoperasian penerbangan internasional di Terminal 3 dengan fasilitas pendukung penyediaan sarana gedung parkir yang dapat menampung sekitar 1.200 kendaraan pribadi untuk parkir reguler. Kemudian agar lebih familiar, para pengguna jasa terhadap gedung parkir Terminal 3 Internasional, selama tujuh hari atau mulai dari tanggal 1-7 Mei 2017 para pengguna parkir reguler akan dibebaskan biaya parkir kendaraan.

Adapun untuk parkir inap kendaraan, Angkasa Pura II juga menyediakan 2 area parkir inap kendaraan yaitu Parkir Inap Timur dan Parkir Inap Barat yang lokasinya berada di area perkantoran di tengah kawasan bandara, di mana penumpang pesawat yang ingin menginapkan kendaraannya dapat melakukan reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi smartphone "Parkir Inap CGK" yang dapat diunduh melalui Google Play.

Di samping itu, pada 1-7 Mei 2017 seluruh tenant termasuk makanan dan minuman di area Terminal 3 Internasional yang bekerjasama dengan Angkasa Pura II akan diberikan diskon tambahan sebesar 10% kepada seluruh penumpang pesawat atau pengunjung bandara, di luar diskon yang telah diberikan masing-masing tenant.

Sejalan dengan perpindahan layanan penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Garuda Indonesia optimis akan dapat semakin memperkuat layanan bintang 5 dan meningkatkan kapasitas layanan pre-light hingga post-flight yang diberikan kepada seluruh pengguna jasa.

Perpindahan layanan penerbangan internasional di Terminal 3, nantinya Garuda Indonesia akan semakin memperluas kapasitas layanan pre hingga post flight-nya kepada seluruh pengguna pengguna jasa. Di Terminal 3 nanti, Garuda Indonesia akan mengoperasikan 26 counter check-in serta peningkatan kapasitas executive lounge yang meningkat cukup signifikan dengan luas 2.100 m2 terdiri dari 350 seat untuk business class dan 56 seat untuk first class.

Jumlah tersebut meningkat dari jumlah counter check-in yang kini beroperasi di Terminal 2 sebanyak 13 dengan kapasitas executive lounge sebanyak 180 seat. Layanan pre-flight juga semakin dimaksimalkan dengan adanya layanan self check-in sebanyak 36 self check-in pada Terminal 3 nantinya. Garuda Indonesia mengoperasikan 6 boarding gate penerbangan internasional dari total 10 boarding gate yang akan dioperasikan secara bertahap hingga bulan Juli 2017 (idr/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed