Follow detikFinance
Rabu 03 May 2017, 16:16 WIB

Cerita Agus Marto Terjebak Macet 2 Jam di Tol

Dana Aditiasari - detikFinance
Cerita Agus Marto Terjebak Macet 2 Jam di Tol Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Penyederhanaan transaksi di pintu tol menjadi bahasan utama siang ini antara Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Masalah pembayaran di gerbang tol ini menjadi hal yang penting untuk segera dituntaskan. Karena, selama ini, proses pembayaran dianggap sebagai salah satu penyumbang kemacetan di dalam jalan tol.

Agus Marto sendiri mengaku pernah punya pengalaman buruh terjebak macet di dalam jalan tol. Cerita, saat itu ia bermaksud undangan pernikahan pegawai BI yang bertempat di Bogor.

"Long weekend kemarin, saya mau datang ke perkawinan anak buah di Bogor. Dua jam di jalan. Macet," tutur dia ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Pengalaman yang dialami Gubernur BI ini merupakan salah satu contoh masalah yang dialami kebanyakan masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan menggunakan jalan tol.

Untuk itu, pemerintah sangat bertekad untuk menuntaskan masalah ini. Pembayaran secara non tunai diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan ini.

Dengan adanya transaksi non tunai, diharapkan proses pembayaran di gerbang tol akan lebih cepat sehingga tumpukan kendaraan bisa dikurangi dan potensi kemacetan bisa dihindari.

Basuki Hadimuljono mengatakan, hasil pertemuan hari ini akan disosialisasikan dengan para pelaku perbankan dan pengelola jalan tol.

Diharapkan pembayaran non tunai di jalan tol 100% bisa tercapai pada Bulan Oktober 2017 ini.

"Kami sudah punya program, Oktober ini semua cashless," tandas dia. (dna/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed