Follow detikFinance
Senin 08 May 2017, 18:24 WIB

Rini Soemarno Tinjau Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo

M Rofiq - detikFinance
Rini Soemarno Tinjau Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo Foto: M Rofiq-detikFinance
Probolinggo - Pemerintah terus mengebut pembangunan pembangunan jalan tol Trans Jawa, Pasuruan-Probolinggo (Paspro), agar segera rampung pada target waktu yang ditentukan.

Pembangunan tol Paspro, Ditinjau Menteri BUMN Rini Soemarno bersama rombongan kementeriannya, ia melihat pengerjaan proyek senilai Rp 3,8 triliun dengan panjang 31.300 kilometer tersebut di Desa/Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Senin (8/5/2017).
Foto: M Rofiq-detikFinance

Rini, mengapresiasi pengerjaan proyek terbilang lebih cepat dari yang ditargetkan. Dari target awal selesai akhir 2018, diharapkan proyek ini selesai pada pertengahan tahun 2018.

Bahkan, pihak pelaksana berani menargetkan pada tahun 2018 sudah rampung sehingga bisa digunakan melayani arus mudik lebaran tahun 2018 yang akan datang.

Menurut Rini, setelah selesai tol Paspro, pemerintah tahun 2019 yang akan datang, akan melanjutkan pembangunan jalan tol Probolinggo sampai Banyuwangi.

"Pembebasan lahan lebih cepat, Insya Allah Mei atau sebelum lebaran tahun depan atau tahun 2018 tol Trans Jawa ini sudah bisa dipakai. Setelah ini kita perintahkan Kementrian PUPR ditenderkan, tol Probolinggo-Banyuwangi," sebut Rini.
Foto: M Rofiq-detikFinance

Sementara itu menurut Dwi Partikno, Direktur utama tol Paspro, pembangunan tol ini untuk presentase masih terbilang kecil. Seharusnya hingga bulan Mei pengerjaan rampung 22,75%, karena terkendala cuaca yang selesai hanya 22,3% saja.

"Desain tol kita sesuaikan dengan desain tolnya, kita terganggu dengan sutet 500kva ini, kita rekayasa kita revisi lagi, kita menghindari sutet ini kan mengalirkan listrik se-Jawa Bali,. Kita tidak bisa memindah sutet berisiko tinggi, karena ada demo warga kemarin minta jembatan jalan desa, kita memberikan dan menambahkan jembatan permintaan warga," jelas Dwi Partikno, di lokasi.
Foto: M Rofiq-detikFinance

Di Probolinggo sendiri, sampai sejauh ini sudah 96% pembebasan tanah sudah selesai dibayar, sedangkan 4% nya masih proses pembebasan.

Rini Silaturahmi ke Pondok Pesantren

Dalam kunjungannya di Probolinggo, Rini juga menyempatkan diri untuk melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajaran, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Rini menjelaskan bahwa kunjungan dirinya ke pondok pesantren (Ponpes) merupakan program pemerintah, yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo. Ini untuk merangkul pondok pesantren kaitannya dengan pengembangan infrastruktur dan sumber daya manusia bagi para santri.

"Ini dilakukan agar kaum santri dapat memiliki daya saing tinggi, saat memasuki dunia kerja kelak setelah lulus dan menjadi alumni pondok pesantren. Anak santri harus bisa melaksanakan apa yang menjadi keinginannya dan mempuyai kelebihan dari diri sendiri dalam meniti sebuah kesuksesan," kata Rini yang didampingi sejumlah deputi dan jajaran direksi perusahaan milik negara.
Foto: M Rofiq

Menanggapi hal tersebut, pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong, KH Mohammad Hasan Mutawakil Alallah, sangat mengapresiasi. Dia menegaskan bahwa sinergitas antara pemerintah dan pondok pesantren harus lebih ditingkatkan. Mengingat peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa, sangatlah penting utamanya di era saat ini.

"Kami sangat mengapresiasi atas program pemerintah ini. dengan cara ini, maka para santri tidak akan ketinggalan. Sehingga pembentukan karakter anak bangsa sesuai dengan yang dicita-citakan pendiri bangsa ini menjadi lebih sulit," tandas KH Mohammad Hasan Mutawakil Alallah, yang juga sebagai ketua PWNU Jawa Timur.

Dia menegaskan sinergitas pengembangan infrastruktur dari pemerintah terhadap ponpes ini, diharapkan menjadi upaya yang baik demi menciptakan lulusan pondok pesantren/dapat melakukan perannya untuk kemajuan bangsa. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed