Follow detikFinance
Kamis 11 May 2017, 10:12 WIB

Jokowi Kagum 3.800 Km Jalan Trans Papua Berhasil Dibuka

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Jokowi Kagum 3.800 Km Jalan Trans Papua Berhasil Dibuka Foto: dok. PUPR
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Jalan Trans Papua, ruas Wamena menuju Kenyam di Provinsi Papua, Rabu (10/5/2017). Jokowi kagum jalan Trans Papua sepanjang 3.800 kilometer (km) berhasil dibuka.

Rasa kagum Jokowi diungkap lewat akun instagram miliknya, @jokowi.

"Wajah jalan Trans Papua mulai kelihatan. Sepanjang 3.800 km sudah berhasil dibuka oleh TNI, semoga tahun 2019 nanti seluruh ruas jalan sudah terbuka dan dapat dilalui," ujar Jokowi dalam akun instagramnya, seperti dikutip Kamis (11/5/2017).

Presiden Jokowi menyusuri Trans Papua dengan motor trailPresiden Jokowi menyusuri Trans Papua dengan motor trail Foto: Persiapan Presiden Jokowi Sebelum Ngetril/Bagus Prihantoro/detikcom

Baca juga: Cerita di Balik Jokowi Ngetrail di Jalan Trans Papua

Jokowi menyusuri Trans Papua ruas Wamena-Kenyam mengendari motor trail, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono.

"Ini ruas Wamena menuju ke Kenyam sepanjang 287 kilometer. Memang yang teraspal baru 37 kilometer, tetapi ini akan terus dikerjakan," kata Jokowi.

"Tadi saya mencoba menyusuri 7 km dari sekitar 4.300 km Trans Papua yang sedang dalam proses pembangunan. Sengaja naik motor trail, agar kelihatan jelas kesulitannya. Wah medannya berat juga ya," pungkas Jokowi.

Presiden Jokowi menyusuri Trans Papua dengan motor trailPresiden Jokowi menyusuri Trans Papua dengan motor trail Foto: dok. PUPR

Baca juga: Ngetrail di Trans Papua, Jokowi: Bayangkan Susahnya Membangun

Ruas yang disusuri Jokowi merupakan bagian dari segmen 5 Trans Papua yaitu Ruas Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu msepanjang 284,3 km. Ruas ini dibuka TNI bersama Kementerian PUPR pada 2016 lalu.

Presiden Jokowi menyusuri Trans Papua dengan motor trailPresiden Jokowi menyusuri Trans Papua dengan motor trail Foto: dok. PUPR

[Gambas:Video 20detik]

(hns/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed