Follow detikFinance
Senin 15 May 2017, 13:46 WIB

Dagang di Trotoar, PKL Juga Punya Kios di Dalam Pasar Tanah Abang

Fadhly F Rachman - detikFinance
Dagang di Trotoar, PKL Juga Punya Kios di Dalam Pasar Tanah Abang Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
Jakarta - Ruas trotoar di sekitar wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat, digunakan sebagai tempat pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan. Kondisi ini terjadi setiap tahun menjelang bulan Ramadan.

Lantas, di mana sebenarnya para PKL tersebut biasa berjualan?

"Pada umumnya PKL yang ada itu (berjualan di trotoar) bukan PKL baru. Mereka pada umumnya merupakan sub agen, mereka itu sudah punya toko di dalam, misalnya di Blok A, Blok B," ungkap Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, kepada detikFinance di wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2017).
PKL di Trotoar Tanah AbangPKL di Trotoar Tanah Abang Foto: Rachman Haryanto

Bayu mengatakan, dengan meningkatknya jumlah pengunjung Tanah Abang menjelang puasa, para pedagang kemudian juga mengambil alih trotoar jalan untuk digunakan sebagai lapaknya.

"Jadi untuk mempercepat mereka dalam meningkatkan daya jual. Jadi lebih mendekati masyarakat. Kan kalau mereka jualan di pinggir jalan, misalnya ada orang lewat dari yang tadinya enggak niat belanja, tapi karena melihat pedagang jadi ingin belanja," tukasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang di lokasi bernama Nurdin mengaku telah memiliki kios di dalam Pusat Perbelanjaan Blok B Tanah Abang. Namun saat menjelang puasa, dirinya juga turun berjualan di pinggir jalan untuk menambah omzet penjualan.

"Toko juga ada di dalam (Blok B), tapi kalau di sini banyak yang beli. Semua juga kebanyakan jadi jualan di sini, biar lebih laris dagangannya," tukas Nurdin.
Wakil Walikota Jakarta Pusat, Bayu MeghantaraWakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance

Rutin Setiap Jelang Ramadan

Aktivitas perdagangan di atas trotoar wilayah Pasar Tanah Abang rutin terjadi menjelang bulan Ramadan. Para pedagang kaki lima (PKL) mulai menjajakan barang jualan dari depan Stasiun Tanah Abang.

Bayu Meghantara mengatakan, kegiatan jual-beli di atas ruas pejalan kaki itu mulai rutin dilakukan sejak dua minggu sebelum puasa.

"Ini kan sesuatu yang rutin, itu menjelang puasa biasanya dua minggu sebelum puasa sampai dengan dua minggu saat puasa," ungkap Bayu.
PKL di Trotoar Tanah AbangPKL di Trotoar Tanah Abang Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance

Bayu mengatakan, wilayah Tanah Abang yang telah terkenal sebagai pusat wisata niaga ini ramai dikunjungi masyarakat menjelang puasa. Dengan demikian, para pedagang tak mau melewatkan kesempatan untuk dapat mengambil keuntungan lebih banyak. Caranya, ialah dengan berjualan di trotoar jalan.

"Jadi mau enggak mau, suka enggak suka, orang banyak berkunjung ke kawasan ini, apalagi mau puasa. Mereka belanja ke sini, jadi pedagang ambil kesempatan. Biasa ramainya itu biasanya jam 11.00 WIB sampai orang pulang kantor jam 15.00 WIB," ujarnya. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed