Follow detikFinance
Senin 15 May 2017, 14:30 WIB

Tahu Satpol PP Akan Datang, PKL Tanah Abang Buru-Buru Rapikan Dagangan

Fadhly F Rachman - detikFinance
Tahu Satpol PP Akan Datang, PKL Tanah Abang Buru-Buru Rapikan Dagangan Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
Jakarta - Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) buru-buru merapikan lapak dagangannya yang dipajang di trotoar kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kondisi itu dilakukan sesaat sebelum para petugas Satpol PP Jakarta Pusat, datang ke lokasi.

Tak butuh waktu lama bagi para PKL itu untuk merapikan dagangannya. Ruas trotoar yang tadinya ramai diisi oleh dagangan para PKL seketika menjadi kosong. Fasilitas umum itu pun berubah fungsi kembali untuk para pejalan kaki.

"Ayo beresin-beresin, udah enggak boleh (jualan) di sini," kata salah seorang pedagang di lokasi, Jakarta, Senin (15/5/2017).
Satpol PP di Tanah AbangSatpol PP di Tanah Abang Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance

Para pedagang berbondong-bondong memasukan barang-barangnya ke dalam bungkusan, hingga memindahkannya ke lorong-lorong yang ada. Tak lama, para petuga Satpol PP pun datang dan mengecek sepanjang trotoar jalan di sana.

Wakil Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, mengatakan aktivitas perdagangan di trotoar Tanah Abang memang rutin terjadi setiap tahun menjelang puasa. Untuk mengatasi hal itu, kata Bayu, Pemkot DKI juga terus melakukan penertiban di lokasi.

"Ini sesuatu yang rutin, itu menjelang puasa biasanya dua minggu sebelum puasa sampai dengan dua minggu puasa. Jadi kita lakukan penertiban untuk mereka tidak menggunakan fasilitas umum. Kita setiap hari (lakukan pengawasan), kita tunggu di hari-hari peak season seperti ini," terang Bayu.
Satpol PP di Tanah AbangSatpol PP di Tanah Abang Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
(dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed