Follow detikFinance
Senin 15 May 2017, 17:52 WIB

Beroperasi 2019, Berapa Tarif Tol Manado-Bitung?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Beroperasi 2019, Berapa Tarif Tol Manado-Bitung? Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Jalan bebas hambatan Manado-Bitung sepanjang 39,9 km ditarget beroperasi pada tahun 2019 mendatang. Proyek ini diperkirakan menelan dana investasi sebesar Rp 5,12 triliun.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), seperti dikutip detikFinance di Jakarta, Senin (15/5/2017), ruas ini memiliki tarif sebesar Rp 900/km untuk golongan I. Apabila tidak ada perubahan biaya investasi yang signifikan, diperkirakan tarif tersebut akan digunakan pada saat beroperasi 2019 mendatang.

Dengan perhitungan total panjang mencapai 39,9 km, maka tarif untuk kendaraan golongan satu dengan jarak terjauh, tarif yang harus dibayarkan mencapai Rp 35.910.

Sebagai informasi, seksi I sepanjang 13,5 km dari Manado-Airmadidi menjadi tanggung jawab pemerintah untuk proses pembangunannya. Seksi I B tol Manado-Bitung merupakan bagian dari pekerjaan pembangunan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah. Selain Seksi I B, seksi I A sepanjang 7,9 km juga menjadi tanggung jawab pemerintah sehingga total tanggung jawab pemerintah dalam pembangunan tol tersebut mencapai 14,9 km.

Ada pun untuk seksi II, saat ini pemerintah telah menetapkan pemenang lelang investasi yakni konsorsium PT Jasa Marga Tbk, PTPP, dan PT Wijaya Karya Tbk.

Proyek ini sempat tertunda pekerjaannya lantaran pendanaan luar negeri yakni pinjaman China terkait proyek ini belum juga cair. Pinjaman China dalam proyek jalan tol mulai diteken Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT-nya) pada 30 November 2015, dan digunakan untuk membiayai pembangunan seksi I B tol Manado-Bitung sepanjang 7 km. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed