Follow detikFinance
Selasa 16 May 2017, 15:13 WIB

Pengusaha: Petugas Pajak Jangan Seperti Berburu di Kebun Binatang

Hendra Kusuma - detikFinance
Pengusaha: Petugas Pajak Jangan Seperti Berburu di Kebun Binatang Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Kalangan dunia usaha berharap para petugas Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti di masa lalu. Di mana mengejar pajak layaknya berburu di kebun binatang.

Berburu di kebun binatang dalam hal pajak bisa diartikan sebagai upaya pengejaran pajak oleh petugas, namun cuma bergantung pada wajib pajak yang sudah ada.

"Harus menghilangkan kesan berburu di kebun binatang," kata Wakil Ketua Umum Apindo, Suryadi Sasmita kepada detikFinance, Selasa (16/5/2017).



Kesan itu bisa dihilangkan dengan ekstensifikasi. Sasmita menilai langkah Ditjen Pajak sudah tepat dengan melangsungkan program pengampunan pajak atau tax amnesty. Sehingga ada pembayar pajak baru ke depannya.

"Kita perlu ekstensifikasi, untuk meningkatkan penerimaan pajak harus bicara ekstensifikasi," ujarnya.

"Jadi bukan orang yang sudah bayar pajak lalu dikejar, tetapi orang yang punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tapi tidak bayar pajak, kan banyak yang punya NPWP tapi yang lapor SPT tidak banyak," papar Sasmita

Sasmita tidak menghalangi bila petugas pajak memang ingin memantau wajib pajak yang tidak patuh dalam pembayaran. Misalnya untuk wajib pajak badan yang yang ekspansi terus menerus namun selalu melaporkan kerugian, sehingga tidak membayar pajak.

"Banyak permainan PMA yang ekspansi tapi rugi, bagi perusahaan merugi tapi ekspansi itu perlu dicurigai, ini bisa bertahun-tahun rugi tapi ekspansi," terangnya.



Di samping juga masih ditemukan pengusaha besar, tapi berkedok UKM. Sehingga hanya perlu membayar pajak final 1%. Sasmita menyarankan agar petugas pajak mengetahui pola pikir pebisnis.

"Jadi Dirjen Pajak bukan memeriksa yang ada, dia mesti belajar dengan pebisnis, agar tahu trik-trik yang dilakukan pebisnis mengenai itu. Jadi kita mendukung apabila menemukan data yang konkret," tukasnya. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed