Follow detikFinance
Selasa 16 May 2017, 20:33 WIB

Ditjen Pajak: Tak Perlu Khawatir Diperiksa Kecuali Memang Nakal

Hendra Kusuma - detikFinance
Ditjen Pajak: Tak Perlu Khawatir Diperiksa Kecuali Memang Nakal Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Masyarakat selaku wajib pajak (WP) seharusnya tidak perlu khawatir dengan aksi pemeriksaan dan penindakan oleh petugas Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Kecuali bila memang selama ini tidak patuh atau sudah mengikuti program pengampunan pajak atau tax amnesty namun tidak melaporkan seluruh harta.

Demikianlah diungkapkan oleh Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama kepada detikFinance, Selasa (16/5/2017).


"Jadi secara umum, WP yang sudah ikut tax amnesty tidak perlu khawatir akan diperiksa, kecuali yang memang benar-benar nakal," ujarnya.

Hal ini sudah tertera pasal 18 UU pengampunan pajak. Hestu mengapresiasi wajib pajak yang mengikuti tax amnesty namun diharapkan agar tetap mematuhi aturan pajak, sebab yang diampuni sebelumnya hanya kesalahan sebelum tahun pajak periode 2015.

"Kami bisa pastikan bahwa untuk WP yang sudah ikut tax amnesty dan selanjutnya melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar, tidak akan diperiksa, kecuali terdapat data harta yang tidak diungkapkan dalam SPH tax amnesty," paparnya.

"Pemeriksaan untuk WP yang sudah ikut tax amnesty hanya dilakukan kepada WP yang kami indikasikan nakal dan tidak berubah menjadi patuh setelah ikut tax amnesty," tegas Hestu.


Misalnya, kata Hestu setelah peserta ikut tax amnesty, masih menggunakan/mengkreditkan faktur pajak fiktif, atau tetap merekayasa pembukuannya.

"Indikasi seperti itu ada dan sedang didalami, dan jumlah WP-nya pun tidak banyak," tandasnya. (mkj/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed