Follow detikFinance
Selasa 16 May 2017, 20:49 WIB

Ini Penampakan Sapi Siap Potong untuk Warga DKI Saat Ramadan

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Ini Penampakan Sapi Siap Potong untuk Warga DKI Saat Ramadan Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Pemenuhan kebutuhan daging sapi warga DKI Jakarta, sebagian besar dipasok PD Dharma Jaya. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI Jakarta ini menjalankan bisnis rumah potong hewan dan memasok daging sapi untuk kebutuhan warga ibu kota.

detikFinance berkesempatan untuk mengunjungi lahan seluas 13 hektar berisi kandang-kandang sapi milik PD Dharma Jaya di Cakung, Jakarta Timur. Kepala Divisi Penggemukan Hewan PD Dharma Jaya, Rusdi, mengatakan kandang-kandang ini mampu menampung hingga 2.500 ekor sapi siap potong.

Sapi Potong di Kandang PD Dharma JayaSapi Potong di Kandang PD Dharma Jaya Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

"Kandang kami di sini bisa muat sampai 2.500 ekor. Banyak juga yang titip sapi ke kita karena keterbatasan tempat penampungan," ujar Rusdi, di Kantor PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (16/05/2017).

Saat ini ada 480 sapi asal NTT di kandang PD Dharma Jaya. Selanjutnya jumlah sapi siap potong akan ditambah hingga 1.328 ekor untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran.

Dalam lokasi yang sama, PD Dharma Jaya juga memiliki fasilitas Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang turut melayani jasa pemotongan dari pihak kedua. Nantinya pihak kedua yang biasa disebut nasabah, hanya akan dikenakan jasa potong, dengan jadwal pemotongan dilakukan di malam hari.

Sapi Potong di Kandang PD Dharma JayaSapi Potong di Kandang PD Dharma Jaya Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

Selanjutnya, semakin ke dalam terdapat ruang produksi atau pengemasan daging hasil potong yang hanya beraktivitas ketika terdapat aktivitas potong.

Sementara itu, di sebelahnya, terdapat gudang dengan penyimpanan minus nol derajat yang cukup luas. Gudang alias lemari berpendingin tersebut berguna untuk mempertahankan kualitas daging hasil impor dari luar negeri.

"Daging beku dari Australia dan Selandia Baru kita simpan di gudang sini," ujarnya.

Sapi Potong di Kandang PD Dharma JayaSapi Potong di Kandang PD Dharma Jaya Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

Terakhir, daging hasil impor atau hasil potong RPH sebagian juga akan dipasarkan melalui outlet milik Dharma Jaya yakni DJ Meatshop.

Fasilitas DJ Meatshop sengaja dikemas secara modern untuk melayani pembelian daging setara pasar swalayan. Termasuk pembeli sekitar yang sebagian besar bertransaksi menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP). (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed