Follow detikFinance
Rabu 17 May 2017, 16:05 WIB

Berapa Harga Tiket Metro Kapsul Bandung?

Avitia Nurmatari - detikFinance
Berapa Harga Tiket Metro Kapsul Bandung? Foto: Avitia Nurmatari
Bandung - Wacana pembangunan Metro Kapsul Bandung masih bergulir. Pemerintah Kota Bandung berniat memberikan subsidi untuk harga tiket angkutan massal tersebut.

Berapa kira-kira harga tiket Metro Kapsul di Bandung? Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, cara paling tepat untuk membuat tiket bisa lebih murah adalah melalui subsidi pemerintah.

"Harga tiket Rp 7.000-10.000, segitu masih oke. Tapi kalau enggak pakai subsidi bisa sampai Rp 20 ribu. Siapa yang mau naik kan?" kata pria yang akrab disapa Emil itu di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (17/5/2017).

Emil mengarahkan agar subsidi LRT Metro Kapsul menggunakan skema bisnis, sehingga tidak menggunakan APDB. Emil pun membuka pintu untuk swasta atau BUMN yang mau bekerja sama dengan BUMD dalam menggarap proyek ini.

"Jadi nanti yang akan mengerjakan metro kapsul silakan bermitra dengan BUMD di Bandung melakukan kerja sama bisnis yang baik, sesuai aturan, regulasi. Nah, nanti hasil dari profitnya itu bisa dipakai mensubsidi harga tiket dari transportasi," bebernya.

"Jadi semuanya bahagia, tiketnya murah, subsidi pemerintah ada tapi bukan dari APBD, tapi dari urusan bisnis. Nanti BUMD-nya terserah mana saja. Misal dengan PD Pasar, bisa dengan PDAM. Intinya manfaatkan aset yang ada di Bandung daripada menganggur, silakan dimanfaatkan yang hasilnya untuk kepentingan publik," jelasnya.

(ang/dnl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed