Follow detikFinance
Rabu 17 May 2017, 17:12 WIB

Susi Ingin Orang RI Makan 50 Kg Ikan Tiap Tahun

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Susi Ingin Orang RI Makan 50 Kg Ikan Tiap Tahun Foto: Imam Wahyudianta
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan hingga tahun 2019 tingkat konsumsi ikan sebesar lebih dari 50 kg per kapita per tahun. Dengan target tersebut setidaknya dibutuhkan suplai ikan sekitar 14,6 juta ton/tahun.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto, mengatakan dari jumlah tersebut kebutuhan ikan itu, sebanyak 60% diperkirakan berasal dari hasil produksi budidaya. Salah satunya contohnya dengan sistem bioflok pada ikan lele.

"Bioflok ini menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, apalagi saat ini produk lele sangat memasyarakat sebagai sumber gizi yang digemari," kata Slamet di kantornya, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Bioflok juga, kata Slamet, merupakan salah satu cara untuk dapat mencapai target konsumsi ikan menjadi 50 Kg/kapita/pertahun.

Slamet mengatakan, dengan teknologi bioflok akan membuat produksi ikan menjadi lebih cepat dan efisien. Di samping itu penggunaan pakan ikan juga menjadi lebih hemat.

"Bisa meningkatkan efisiensi pakan, produktivitas, dengan sistim pengelolaan air yang kita rancang tidak cemari lingkungan. Dan ini gunakan air tidak terlalu banyak. Dengan sistim ini mampu jaga lingkungan air sebaiknya. Program kita harapanya bisa 50 kg pertahun kalau program lele bioflok ini berkembang," tukasnya.

Sementara itu, secara nasional kementerian yang dipimpin Menteri Susi Pudjiastuti ini menargetkan produksi ikan lele sebesar 1,39 juta ton pada tahun 2017 ini. Sedangkan, untuk saat ini realisasi hingga triwulan 1 telah mencapai 225 ribu ton. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed