Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 13:50 WIB

Ini Rel Mati di Sumatera yang Mau Dihidupkan Jokowi

Muhammad Idris - detikFinance
Ini Rel Mati di Sumatera yang Mau Dihidupkan Jokowi Foto: Dok. KAI
Jakarta - Program mengaktifkan kembali jalur kereta api tak hanya dilakukan pemerintah di Pulau Jawa. Reaktivasi di Sumatera juga menjadi program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di periode tahun 2015-2019.

Data Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, ditargetkan ada 111 kilometer (km) rel kereta api yang selesai dihidupkan kembali sampai tahun 2019. Jalur tersebut meliputi Binjai Besitang sejauh 85 km dan Muaro Kalaban-Muaro sejauh 28 km.

"Kalau diurut dari Utara Binjai-Besitang diaktivasi, tadinya kenapa sih tidak diaktifkan. Padahal ini sangat strategis sampai ke perbatasan Sumatera Utara dan Aceh," jelas Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono kepada detikFinance ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Selain kedua jalur tersebut, ada 2 jalur lain yang diprioritaskan masuk program reaktivasi. Semuanya berada di Sumatera Barat yaitu Padang Panjang-Bukit Tinggi-Payakumbuh dan Pariaman-Naras-Sungai Limau.

"Terus ke bawah lagi di Selatan, Sumatera Barat Padang Panjang-Bukittinggi itu daerah wisata, hanya 20 kilometer kenapa sih tidak diaktivasi, terus perbatasan Sumatera Barat sampai ke Riau," ungkap Prasetyo. (idr/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed