Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 14:47 WIB

Tinggal di Sentul, ke Jakarta Hanya 1 Jam Naik LRT

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Tinggal di Sentul, ke Jakarta Hanya 1 Jam Naik LRT Foto: Grandyos Zafna
Bogor - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) tengah mengembangkan 6 kawasan LRT City di sepanjang rute Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Keenam kawasan ini akan dibangun hunian hingga pusat perbelanjaan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) untuk meminimalisir kemacetan ke dan dari Jakarta.

Salah satu LRT City yang tengah dikembangkan adalah Royal Sentul Park Bogor seluas 14,8 hektar. Dengan menggunakan LRT, waktu tempuh dari Sentul, Bogor hanya sekitar 60 menit ke pusat kota Jakarta di Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

"LRT desainnya itu kecepatannya di atas 80 km per jam, tapi operasional nanti 60 km per jam. Kalau dari sini ke Dukuh Atas 1 jam sudah sampai, enggak pakai macet," jelas GM Transit Development dan Hotel Adhi Karya, Amrozi Hamidi di Marketing Gallery Royal Sentul Park, Bogor, Kamis (18/5/2017).

Saat ini Adhi Karya sebagai kontraktor tengah membangun LRT tahap pertama, yang meliputi lintas layanan Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas yang ditargetkan selesai di akhir 2018 atau awal 2019. Sedangkan untuk tahap berikutnya yakni, rute LRT Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol, bakal segera dikerjakan usai tahap pertama selesai dikerjakan.

Manfaat waktu tempuh 60 menit dari Sentul ke Dukuh Atas baru bisa dirasakan di 2021-2022 setelah LRT rute kedua rampung dibangun. Dengan beroperasinya LRT rute kedua di 2021 mendatang, ia memperkirakan harga apartemen di Royal Sentul Park Bogor bisa naik dua kali lipat hingga Rp 700 juta dari Rp 360 juta saat ini.

"Sesuai Perpres (Peraturan Presiden), Sentul itu masuk di tahap kedua. Kalau mulai di 2019, paling cepat 2021-2022 arah ke sini," ujar Project Manajer Royal Sentul Park, Nanang Safrudin Salim. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed