Follow detikFinance
Senin 29 May 2017, 10:21 WIB

Ini Penampakan Proyek Hambalang yang Pernah Mangkrak

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ini Penampakan Proyek Hambalang yang Pernah Mangkrak Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Bogor - Proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten, Jawa Barat, kini terbengkalai. Megaproyek itu mulai mangkrak sejak tahun 2012 lalu.

detikFinance mencoba melihat kondisi komplek Hambalang itu lebih dekat pada Jumat (26/5/2017). Tapi sayang, tak mudah ternyata untuk dapat memasuki kawasan tersebut.

[Gambas:Video 20detik]

Begitu tiba di lokasi, tampak dari luar, gerbang seng berwarna putih menutupi seluruh area komplek dari pinggir jalan, ditambah tanaman liar yang menyelimuti area sekitar. Di gerbang depan, hanya ada satu pintu masuk yang tersedia untuk pejalan kaki.

Sejumlah petugas keamanan tak berseragam pun berjaga di pos yang berdiri tepat di dalam gerbang masuk. Mereka melarang awak media untuk melakukan peliputan di lokasi tersebut.

"Enggak boleh liput, ambil gambar juga enggak bisa. Harus ada surat izin dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dulu kalau mau liputan. Mau lihat-lihat doang juga harus ada surat resmi," ungkap seorang petugas yang berjaga kepada detikFinance saat mencoba masuk, Jumat (26/5/2017).

Ini Penampakan Proyek Hambalang yang Pernah MangkrakFoto: Fadhly Fauzi Rachman

Proyek itu sendiri tak terawat. Dari atas udara, sejumlah pembangunan gedung yang masih setengah jadi dibiarkan terbengkalai begitu saja. Sedangkan yang sudah rampung dikerjakan juga telah menjadi kusam.

Tanaman liar dan ilalang tumbuh tinggi menutupi lahan terbuka komplek olahraga tersebut. Besi-besi rangka bangunan tua yang menonjol dan berkarat banyak terlihat di sejumlah bangunan yang tak selesai dikerjakan.

Seperti rumah hantu, tak ada aktivitas di kawasan tersebut. Alat berat yang biasa digunakan untuk membantu proses pembangunan juga tak ada yang tampak di lokasi.

Akses jalan di dalam kompleks juga tak ada karena diselimuti oleh rumput liar. Beberapa bagian jalan sudah amblas menjadi jalan tanah. Ada juga jalan yang terlihat buntu karena sudah tertutup tumbuhan liar.

Ini Penampakan Proyek Hambalang yang Pernah MangkrakFoto: Fadhly Fauzi Rachman

Pemerintah era Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang mempertimbangkan kemungkinan melanjutkan proyek di atas tanah seluas 32 hektar yang telah menghabiskan uang negara sebesar Rp 2,5 triliun tersebut.

"Ini katanya mau dilanjutkan, cuma enggak tahu kapan pastinya. Wacananya dari pusat mau dilanjut," ungkap Kepala Desa Hambalang, Kabupaten Bogor, Encep Dhany, kepada detikFinance, Jumat (26/5/2017).

Ini Penampakan Proyek Hambalang yang Pernah MangkrakFoto: Fadhly Fauzi Rachman
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed