Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Mei 2017 16:28 WIB

Harga Bawang di Sumbar Sudah 3 Bulan Anjlok

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Harga bawang merah di Solok, Sumatera Barat (Sumbar) turun. Harga komoditas itu di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah, sebesar Rp 15.000/kg.

Petani Solok, Edwar Jamil, mengatakan harga bawang merah di tingkat petani berada di kisaran Rp 11 ribu/kg. Kondisi tersebut telah terjadi selama tiga bulan terakhir.

"Karena sudah tiga bulan, harga bawang merah di Solok itu di bawah Rp 15.000/kg. Itu petani sudah dirugikan," kata Edwar di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin (29/5/2017).

Edwar meminta Menteri Pertanian segera menindaklanjuti masalah tersebut. Sebab rendahnya harga bumbu dapur itu sangat merugikan para petani.

"Kami menyampaikan kepada Menteri, mohon harga bawang ini dijaga, karena kami hidup dari bawang," kata Edwar.


Lebih lanjut dirinya juga meminta agar Perum Bulog dapat menyerap seluruh tanaman bawang merah milik para petani. Agar, kebijakan HET yang telah ditetapkan oleh pemerintah bisa benar-benar berjalan.

"Dalam hal ini kami meminta Pak Menteri agar hal ini benar-benar dilaksanakan. Yang paling prinsip, menurut kami itu HET betul-betul ada dan dijalankan, itu yang paling penting," katanya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com