Follow detikFinance
Selasa 30 May 2017, 10:07 WIB

Jokowi Minta Stabilkan Harga Pangan, Djarot: Sudah dari Awal

Nathania Riris Michico - detikFinance
Jokowi Minta Stabilkan Harga Pangan, Djarot: Sudah dari Awal Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan para kepala daerah agar memantau harga bahan pokok jelang lebaran pada sidang kabinet paripurna kemarin. Menanggapi hal ini, Plt Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat menyebut telah berupaya menstabilkan harga pangan di Jakarta sejak jauh-jauh hari.

"Sudah, sudah dari awal. Bukan menekan (harga), tapi menstabilkan," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2017).

Sebagai anggota pengendali inflasi daerah, Djarot mengatakan Pemprov DKI tidak akan bergantung pada operasi pasar saja, namun juga dengan BUMD. Hasilnya, saat ini harga bahan pokok di Jakarta relatif stabil.

"Sehingga harga bahan pokok di Jakarta yang sekarang kita pantau relatif stabil terutama kayak beras, gula, terigu, daging dan lain-lain," ucapnya.

"Yang kedua, kita juga punya suatu sistem mekanisme untuk melindungi mereka-mereka yang miskin melalui KJP, kan KJP juga bisa digunakan untuk membeli bahan pokok juga," ujar Djarot.

Untuk memfasilitasi warga miskin ini, maka setiap bulan selalu digelar program untuk penjualan bahan pokok menggunakan KJP di RPTRA. Hal ini diharapkan bisa membantu warga untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok.

Selain itu, dengan adanya food station juga diharapkan bisa mengantisipasi adanya para pihak yang 'nakal'. Tidak seperti dulu, food station saat ini telah bekerja sama dengan Bulog agar bisa bersama-sama dengan Pemprov menstabilkan harga pangan di Jakarta jelang lebaran.

"Kalau itu sudah kami antisipasi ya salah satunya kita punya food station, itu tujuannya untuk mengantisipasi para tengkulak-tengkulak itu," lanjut Djarot.

"Food station juga sekarang berubah kalau dulu hanya sekedar (maaf), kalau dulu sebagian besar hanya untuk nyewa-nyewain gudang, kalau sekarang sudah melakukan pembelian dan kerja sama dengan Bulog untuk menstabilkan harga beras dan lainnya," tambahnya. (nth/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed