Follow detikFinance
Rabu 31 May 2017, 15:05 WIB

Menteri PUPR: Di Dunia, Cuma RI yang Bayar Tol Pakai Tunai

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Menteri PUPR: Di Dunia, Cuma RI yang Bayar Tol Pakai Tunai Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Penetrasi jumlah pembayaran tol secara non tunai di Indonesia sampai saat ini baru mencapai angka 23%. Padahal penggunaan uang elektronik di gerbang tol di Indonesia sendiri sudah cukup lama. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bahkan mengatakan, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang transaksi pembayaran di tol masih dilakukan secara tunai.

"Waktu kami mendampingi bapak Presiden, makan siang di Tangerang. Itu sempat dikatakan, Pak Presiden bilang, di dunia ini membayar tunai tol hanya di Indonesia. Di negara lainnya sudah tidak ada lagi membayar tol dengan tunai," kata Basuki saat ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Bahkan di ruas-ruas tol yang ada di daerah perkotaan seperti Jakarta pun, pembayaran tol secara non tunai masih sangat minim. "Sekarang baru 23% penetrasinya. Kita lihat sekarang di Cikarang Utama, atau di Cimanggis Utama, di daerah tunai antre tapi non tunainya kosong. Ini akan kita upayakan supaya non tunai bisa meningkat," sambungnya.

Hal inilah yang membuat pemerintah dalam tahap awal peningkatan penetrasi penggunaan non tunai di gerbang tol, akan menyasar kepada gerbang tol yang ada di daerah perkotaan.

"Non tunai prioritasnya adalah di daerah perkotaan dulu. Karena pesan Presiden juga sampaikan, non tunai ini menjaga agar jangan ada PHK besar-besaran. Jadwalnya Oktober nanti kita akan mulai integrasikan," tukas Basuki. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed