Follow detikFinance
Selasa 06 Jun 2017, 13:43 WIB

Atlet Berprestasi Bisa Jadi Kepala Dispora di Daerah

Danang Sugianto - detikFinance
Atlet Berprestasi Bisa Jadi Kepala Dispora di Daerah Foto: Danang Sugianto-detikFinance
Jakarta - Meski moratorium penerapan Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih berlaku, namun pemerintah masih membuka peluang bagi sejumlah posisi. Bukan hanya itu, pemerintah juga memberi peluang lebih mudah bagi anak bangsa yang punya prestasi untuk menjadi PNS. Salah satunya untuk para atlet berprestasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur mengatakan, dirinya telah berbicara dengan Kemenpora terkait hal tersebut. Nantinya para atlet berprestasi bisa menjadi PNS di Kemenpora.

"Misalnya dia juara olimpiade dapat medali, dia bisa kita terima. Kan bisa menjadi pelatih di Kemenpora, atau apapun ya terserah," tuturnya saat berbincang dengan detikFinance di kantornya, akhir pekan lalu.

Selain itu menurut Asman, jika lowongan di Kemenpora penuh mereka bisa ditempatkan di daerah untuk mengisi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di daerah-daerah. Mereka juga nantinya memiliki peluang yang sama untuk menjadi Kepala Dispora.

"Kan keren juga (jabatan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga) diisi dengan juara olimpiade. Mereka ini jenius loh, bisa meraih medali itu jenius," tambahnya.

Pemerintah juga akan membuka peluang bagi lulusan universitas yang memperoleh IPK tinggi untuk menjadi PNS. Selain itu pemerintah juga akan menyerap tenaga kerja dari instansi pendidikan khusus seperti Politeknik Imigrasi, STAN, IPDN dan lainnya.

Selain itu, pemerintah juga akan membuka penerimaan PNS untuk bidang-bidang tertentu. Jadi hanya orang-orang yang punya keahlian khusus yang akan diterima menjadi PNS.

"Kedepannya memang kita enggak buka secara umum lagi, kita buka yang spesialis-spesialis itu. Misalnya di bidang infrastruktur seperti arsitektur untuk ditempatkan di PU, supaya mengerti IMB-nya. Jangan sampai swasta lebih pintar dari mereka. Nanti bangunan yang enggak cocok dikasih izin sama dia, bisa miring bangunannya," pungkasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed