Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Jun 2017 19:58 WIB

Djarot: Bila Bergantung Impor, Kita Mudah Didikte Negara Lain

Bisma Alief Laksana - detikFinance
Foto: Bisma Alief/detikcom Foto: Bisma Alief/detikcom
Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengingatakan agar dalam pengadaan bahan pangan, Indonesia, khususnya Jakarta, jangan hanya bergantung pada import. Sebab bila negara yang menjadi sumber utama import menghentikan aktivitas eksport mereka, Indonesia akan kewalahan.

"Kalau petani kita mogok, nggak mau tanam, bawang merah, padi, wortel kentang kemudian import terus, di sana (negara pengeksport) juga kekurangan, stop tidak akan ekspor ke Indonesia, mati nggak kita. Kalau mau harganya tinggi," ujar Djarot di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur saat peresmian mesin CAS, Selasa (6/6/2017).

Menurut Djarot, import adalah salah satu bukti bahwa kedaulatan pangan belum bisa diwujudkan di Indonesia. Selain itu, import juga membuat inflasi sulit dikendalikan.

"Sekali lagi bila kita tergantung pada yang import-import itu, kita tidak punya kedaulatan dan kita mudah didikte serta inflasi tidak bisa kita kendalikan," ucap Djarot.

Djarot menjelaskan banyak petani tidak mau menanam kebutuhan pokok karena ketika panen raya harga akan jatuh menjadi sangat murah. Hal itu karena pemerintah belum mengambil langkah intervensi untuk menjaga dan membeli hasil dari petani.

Dengan mesin CAS yang dimiliki oleh PD Pasar Jaya, yang bisa menjaga kualitas bawang dan cabai selama 6 bula, Djarot berharap Jakarta bisa jadi percontohan bagi provinsi lain dalam penggunaan teknologi.

"Harapan saya, Jakarta menjadi contoh supaya provinsi lain memggunakan teknologi ini. Kalau ini sdh teruji bagus, teknologi CAS kenapa tidak dimanfaatkan di provinsi lain," harap Djarot.

"Tujuannya adalah melindungi bukan hanya ekonomi makro mikro, tapi juga produsen, pedagang, dan masyarakat," tutupnya (bis/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com