Follow detikFinance
Kamis 08 Jun 2017, 20:54 WIB

Tiap Tahun Jokowi Beri Diskon Tarif Tol Buat Pemudik

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tiap Tahun Jokowi Beri Diskon Tarif Tol Buat Pemudik Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mudik Lebaran tahun ini kembali diwarnai oleh diskon tarif tol. Tahun ini, setidaknya ada 18 ruas tol yang menerapkan diskon tarif tol. 15 di antaranya merupakan ruas tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya, dan dihadiahi diskon 20%. Sedangkan 3 sisanya merupakan ruas tol badan usaha lain dengan diskon 10%.

Namun bila diingat kembali, diskon tarif tol pada musim mudik Lebaran tak hanya terjadi pada tahun ini saja. Berdasarkan catatan detikFinance, penerapan diskon tarif tol jelang mudik Lebaran telah berlangsung selama 3 musim Lebaran terakhir.

Sejak tahun 2015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar menurunkan tarif tol jelang Lebaran.

Saat itu, penerapan diskon atau penurunan tarif tol ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada para pemudik dan bisa menarik minat pengguna mobil untuk melawati jalan tol. Sehingga, volume kendaraan di jalan raya yang bukan tol diharapkan lebih rendah sehingga lebih lengang.

"Saya perintahkan tarif tol diturunkan sebesar 25-35 persen mulai H-10 sampai H+5," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian pengoperasian jalan Tol Gempol-Pandaan di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (12/6/2015) lalu.

Tarif seluruh jalan tol selama musim mudik Lebaran 2015 didiskon 25-35% dari tarif normal. Ketentuan ini berlaku untuk seluruh tol yang dikelola swasta dan BUMN PT Jasa Marga (Persero) Tbk, di mana diskon 25% untuk tarif tol yang dikelola swasta dan diskon 35% berlaku untuk tol-tol yang dikelola Jasa Marga.

Hal ini kemudian berlanjut pada Lebaran tahun 2016. Operator tol Jasa Marga memberikan diskon tarif 20% selama lebaran 2016. Namun diskon tersebut hanya berlaku untuk pengguna uang elektronik (e-money).

Setidaknya ada 9 ruas tol Jasa Marga yang diberi diskon 20% saat mudik Lebaran tahun 2016.

Dan pemberian diskon tarif tol saat mudik Lebaran pun kembali diterapkan pada tahun ini. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan hal ini langsung di depan anggota Komisi V DPR RI saat rapat kerja dalam rangka persiapan arus mudik Lebaran tahun 2017.

Basuki mengatakan, pemberian diskon ini berlaku untuk transaksi yang menggunakan uang elektronik, sekaligus sebagai salah satu bentuk peningkatan penetrasi penggunaan non tunai di gerbang tol.

"Untuk tol, akan ada diskon bagi pengguna yang menggunakan uang elektronik sebesar 20% dari operator Jasa Marga dan 10% untuk 3 ruas tol operator yang lain," kata Basuki, Kamis (8/6/2017). (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed