Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 11 Jun 2017 12:14 WIB

PU Siapkan Posko Cepat Tanggap Jalan Bolong Saat Mudik

Aditya Fajar Indrawan - detikFinance
Foto: Aditya Fajar Indrawan Foto: Aditya Fajar Indrawan
Ciamis - Direktorat Bina Marga menyiapkan empat posko strategis guna menunjang arus mudik lebaran. Posko itu berada di antara Nagrek hingga batas Banjar, Jawa Barat.

"Kita siapkan posko siaga sapta taruna bina marga. Di empat posko ini nantinya stand by alat berat seperti excavator, loader dan material untuk penambal jalan serta kita gabungkan juga dengan tim kesehatan," ujar Dirjen Bina Marga Arie Sefjadi Moerwanto, di posko Karangkamulyan, Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (10/6/2017).

Jalan NasionalJalan Nasional Foto: Aditya Fajar Indrawan

Di setiap posko nantinya akan terintegrasi satu sama lainnya. Hal ini memungkinkan untuk pengerahan suplai material maupun alat berat.

"Kita punya 1 call centre yang berlaku bagi seluruh posko bina marga seluruh Indonesia. Posko ini selalu penting, jadi satu material habis akan disuplai materal lainnya," jelasnya.
"Pastinya posko ini di tempatkan di daerah-daerah rawan longsor. Sehingga bisa segera ditangani sewaktu-waktu hujan, banjir dan longsor," imbuhnya.

Dalam perjalanannya menyusuri jalur pantai selatan. Beberapa titik seperti di Banyumas dan Cimanggu terus dikebut pengerjaannya.

"Tadi di jalan Banyumas kurang lebih 5 Km itu masih kita perbaiki, bukan berlubang atau rusak cuma komitmen kita H-5 akan mulus semua. Begitu juga di Cimanggu, karena kondisi geologinya jadi kita jaga terus," paparnya.
Jalan NasionalJalan Nasional Foto: Aditya Fajar Indrawan

Dari pemantauan sementara di sepanjang jalan pantai selatan sejak Nagrek hingga perbatasan sebelum Jawa Tengah, Bina Marga menilai kondisi jalan yang ada sudah cukup bagus dan siap digunakan untuk arus mudik.

"Jabar bagus tinggal penyempurnaan, dari bahu jalan dan marka. Kami ingin sempurnakan semuanya sehingga H-5 sudah oke digunakan untuk mudik," tutupnya. (adf/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com