Follow detikFinance
Minggu 11 Jun 2017, 14:57 WIB

Menteri PUPR: Tol Batang-Semarang Bebas Kerikil dan Debu Saat Mudik

Aditya Fajar Indrawan - detikFinance
Menteri PUPR: Tol Batang-Semarang Bebas Kerikil dan Debu Saat Mudik Foto: Aditya Fajar Indrawan
Batang - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengecek proyek pembangunan Tol Batang-Semarang. Menurutnya pada H-10 mudik lebaran 2017 tol ini sudah bisa difungsikan.

"Jadi ini checking terakhir, dari pengelola bilang H-10 sudah bisa di fungsikan. Jadi nanti semua bersih kerikil dan debu," ujar Basuki di Batang, Jawa Tengah, Minggu (11/6/2017).

Dalam peninjauannya, ruas Tol Batang-Semarang seksi I dari Batang-SS Batang Timur sejauh 3,2 Km. Untuk Seksi II SS Batang Timur-SS Welewi sejauh 36,35 Km.

"Di sini nantinya akan ada empat titik rest area, dari Kali Wangsa sampai Grising," imbuhnya.

Adapun kondisi jalur masih fungsional hanya dapat dilintasi kendaraan dengan satu arah baik arus mudik atau balik lebaran. Dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam, pasalnya kondisi jalan yang dilalui masih berupa perkerasan jalan timbunan dan juga lean concrete berupa lapisan beton setebal 10 cm.

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang Saud Simatupang, menurutnya pada H-10 nanti kondisi jalan sudah bisa difungsikan. Meski begitu di beberapa titik masih akan ada pengerjaan.

"Sekarang tahap ada masih spot-spot yang kita masih lean concrete, lean concrete atau jalan kerja kurang 100 m, karena kemarin masih bekerja main road nya. Nanti ada 2 jembatan yang tadinya jembatan bailey sementara dua lajur, di Kaliboyo (STA 388) an Kaliurang," ujar Saud.

Sedangkan untuk mengantisipasi debu dan rambu yang masih belum tersedia, pihaknya secara bertahap akan segera menyiapkan rambu kit.

"Ini kan rambu sedang kita siapkan. Nanti dalam hari-hari ini bertahap kita pasang rambunya. H-10 sudah siap, ada spot lite rest area, step 10 kg, portable toilet, mushola lengkap," paparnya.

"Kecepatan kendaraan diharapkan 40 km per jam, ini kan lebar 7 meter untuk 2 lanjut berdampingan dan searah," imbuhnya. (adf/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed