Follow detikFinance
Sabtu 17 Jun 2017, 17:52 WIB

RKI dan BNI Komitmen Kembangkan UKM dan Wirausahawan Baru

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
RKI dan BNI Komitmen Kembangkan UKM dan Wirausahawan Baru Foto: Dok. RKI
Jakarta - Rumah Kemajuan Indonesia (RKI) adalah sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh beberapa aktivis 90-an dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu UGM, ITB, UI, IPB dan UNJ serta Perguruan perguruan tinggi lain seperti IISP, Ibnu Khaldun, Trisakti dan lain lain.

RKI mengadakan acara Bincang Bisnis Ramadan dengan tema "Kiat Sukses Pengusaha Muda Dan UKM Menghadapi Kondisi Ekonomi 5 Tahun Ke Depan" pada tanggal 17 Juni 2017 di Grand Sahid Hotel Jakarta.

Acara ini dilaksanakan RKI dan didukung oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Permodalan BMT Ventura, PT Bosowa dan beberapa stakeholder yang lain.

Acara yang dibuka pada pukul 14.30 WIB itu menghadirkan Keynote Speaker Wagub Gubernur DKI terpilih 2017-1022, Sandiaga Salahuddin Uno dan 4 pembicara sebagai pelaku Pembina kewirausahaan yaitu:
1. Erwin Aksa Makmud (Direktur Utama Bosowa Corporation) yang berbicara tentang "Kiat Menjadi Pengusaha Muda Tangguh di era Kini
2. Arief Surarso (Vice President Divisi Bisnis Kecil dan Jaringan PT BNI (Persero) menyampaikan tentang "Kreatifias UKM dan Pemula dalam Mendapatkan pembiayaan dari pemerintah dan Perbankan
3. Ir Saat Suharto (Presiden Direktur PT Permodalan BMT Ventura), mengulas tentang "Kecerdasan Financial dalam Pengelolaan Modal Bisnis Anak Muda"
4. Iving A Chevny (Owner Creight Production - Pendiri RKI) memaparkan tema "Mengelola Motivasi Bisnis Saat Eknomi Sulit

RKI dan BNI Komitmen Kembangkan UKM dan Wirausahawan BaruFoto: Dok. RKI
Menurut Tri Suharjanto, selaku Direktur Eksekutif RKI, acara ini dihadiri oleh 120 orang pengusaha muda (pemula), penggiat UKM, dan masyarakat umum.

Acara ini diadakan selain sebagai media pembelajaran bagi masyarakat umum tentang Kewirausahaan, juga sebagai ajang dialog serta pertemuan antara pengusaha muda/pemula, UKM, dunia perbankan, perusahaan permodalan, dalam mengatasi berbagai kendala yang menghambat tumbuhnya wirausahawan wirausahawan baru dan tangguh di negeri ini.

Untuk itu RKI menghadirkan BNI, PT Permodalan BMT Ventura dan Pengusaha Muda – Pengusaha Muda Sukses untuk membantu dan mentoring para pelaku bisnis pemula dan UKM tersebut

RKI dan BNI Komitmen Kembangkan UKM dan Wirausahawan BaruFoto: Dok. RKI
Tiga besar pertanyaan yang timbul di publik tentang:
a. Bagaimanakah Pemerintah(dalam hal ini DKI) sinergi dengan instansi yang lain mengembangkan pengusaha pemula dan UKM 5 tahun ke depan,
b. Bagaimanakah konsep dan perlakuan dunia perbankan dan instansi permodalan lainnya memback up para pengusaha muda dan UKM di Indonesia?,
c. Bagaimanakah para pengusaha pemula dan UKM bertahan pada permulaan bisnis dan kondisi ekonomi sulit?.

Diharapkan bisa terjawab dalam acara Bincang Bisnis ini sehingga para pengusaha muda dan UKM yang tangguh bisa memberikan perannya sebagai alternatif solusi mengatasi masalah kebangsaan.

Pada kesempatan tersebut RKI juga akan menjadi penghubung antara peserta yang semuanya pengusaha muda dan penggiat UKM dengan BNI, karena BNI mempunyai komitmen dalam mendorong dan meningkatkan pengembangan usaha mikro dan menengah sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Republik Indonesia,

Harapannya dari kerjasama antara RKI dan BNI, bias menjawab semua kesulitan para pengusaha pemula dan UKM dalam mengakses permodalan dari BNI. Hal ini juga akan mempermudah BNI untuk melakukan layanan aktifitas transaksi keuangan, hingga pembiayaan untuk menambah permodalan usaha kepada para peserta.

Setelah acara tersebut seluruh peserta akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan RKI untuk bagaimana saling membangun networking, mentoring bagi yang pemula bisnis.

RKI juga akan segera mengembangkan kegiatannya di sepuluh kota besar di seluruh Indonesia. Guna memudahkan calon nasabah yang akan mengajukan kredit, BNI Kredit Digital di mana calon nasabah dapat mengajukan kredit tanpa harus datang ke kantor BNI.

RKI dan BNI Komitmen Kembangkan UKM dan Wirausahawan BaruFoto: Dok. RKI
(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed