Follow detikFinance
Senin 19 Jun 2017, 13:23 WIB

Jokowi Tambah Penerima Bansos PKH Jadi 10 Juta Tahun Depan

Hendra Kusuma - detikFinance
Jokowi Tambah Penerima Bansos PKH Jadi 10 Juta Tahun Depan Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 2018 mencapai 10 juta. Lebih besar dari tahun ini, namun masih di bawah keinginan awal Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana PKH ditingkatkan menjadi 15,5 juta.

"Hari ini diputuskan kalo PKH itu kembali ke RKP jadi 10 juta, Itu saja posisinya," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Pariwansa di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Pemberian PKH untuk 2018 juga mengalami peningkatan sekitar 4 juta, sebab di 2017 PKH disalurkan kepada 6 juta penerima manfaat dengan biaya Rp 1.890.000. Untuk 2018, Khofifah masih belum menyebutkan total anggaran serta seberapa besar manfaat yang akan diberikan.

Adapun, keputusan pemberinaan manfaat menjadi 10 juta di 2018 juga dikarenakan ada program integrasi pemberian subsidi lainnya, seperti subsidi elpiji, subsidi listrik, hingga bantuan pangan yang masuk dalam kartu PKH.

"Jadi kalau misalnya penerima PKH 15,5 juta, maka penerima rastra yang belum penerima PKH itu akan berubah jumlah subsidi rastranya, gitu," terangnya.

"Inikan baru diintegrasikan semua dan kita menemukan ada sekian penerima PKH belum menerima rastra. Ketika ini diintegrasikan maka penerima rastra akan lebnih banyak lagi. Jadi hitung-hitungan APBN kita seperti itu makanya diputuskan sesuai RKP," tukasnya. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed