Follow detikFinance
Senin 19 Jun 2017, 23:02 WIB

Lewat Program Ini, Mobil Terjebak Macet Saat Mudik Bisa Isi BBM

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Lewat Program Ini, Mobil Terjebak Macet Saat Mudik Bisa Isi BBM Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah mempersiapkan kebutuhan guna kelancaran arus mudik lebaran tahun ini. Salah satu fasilitas yang disiapkan Pertamina ialah menempatkan kios Pertamax dalam bentuk tenda atau mobil tangki yang telah dilengkapi flow meter di sejumlah titik kemacetan jalur mudik, mulai dari 23 Juni hingga 2 Juli 2017 mendatang.

Vice President Corporate Communication PT. Pertamina, Adiatma Sardjito, menjelaskan pihaknya juga menyediakan kios Pertamax di 36 titik. Masing-masing outlet memiliki kemasan 1 liter ,2 liter, dan 10 liter.

Bahan bakar yang tersedia antara lain Pertamax, Dexlite, dan Pertamina Dex. Bahan bakar tersebut dijual dengan harga yang dengan seperti di SPBU.

"Kami juga menyediakan sepeda motor yang akan mengantarkan bahan bakar kemasan pada saat emergensi," ungkap Adiatma dalam acara buka bersama di Kempinski Hotel, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Dirinya mengatakan, fasilitas sepeda motor digunakan untuk keadaan darurat saat pemudik atau pengendara benar-benar kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan, atau di tengah kemacetan lalu-lintas.

"Sepeda motor yang akan bawa kaleng berisi bahan bakar, untuk wilayah yang dalam kondisi macet, mobil tidak bisa bergerak. Jadi yang memungkinkan adalah motor. Pengalaman tahun lalu banyak terjadi, kendaraan kehabisan BBM karena terlalu lama macet di jalan, di daerah itu sudah enggak ada SPBU lagi. Jadi salah satu upaya maksimal adalah optimalkan kendaraan bermotor yang bawa kemasan BBM," terangnya.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan Serambi Pertamax di 10 titik lokasi. Antara laim di SPBU di Km 102 Tol Cipali, Rest Area Non-SPBU Km 228 Tol Cipali, Rest Area Non-SPBU Km 252 Tol Cipali, dan SPBU Coco 41.51201 di jalur Non Tol Batang. Selain itu terdapat Serambi Pertamax di Rest Area Non-Tol SPBU di Km 22 Tol Bawean-Semarang, SPBU 4453128 di Banyumas, SPBU 445-139 di Kaligawe, SPBU 4452108 Muri-Tegal, SPBU 5461232 Tjiwie-Mojokerto, dan SPBU 4452216 di Bumi Ayu.

"Fasilitas yang terdapat di Serambi Pertamax antara lain area istirahat, tempat bermain anak, nursing area, dining area dan fasilitas charging. Selain itu terdapat mushola dan fasilitas wudhu (custom) dan toilet (custom)," terang Adiatma.

Lebih lanjut Adiatma mengatakan, pihaknya memberikan imbauan kepada pemudik untuk dapat memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan pengisian bahan bakar. Seperti mengisi bensin secara penuh saat berangkat, dan kembali mengisi bahan bakar saat tangki dalam keadaan setengah.

"Pemudik juga bisa mengkontak Pertamina di nomor 1500000 untuk mengarahkan informasi ke pemudik untuk mengetahui SPBU terdekat," tutur Adiatma (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed