Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 20 Jun 2017 16:00 WIB

Jokowi: PNS Jangan Cuma Urus SPJ Tapi Layani Publik Sampai ke Pelosok

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini mengumpulkan beberapa menteri kabinet kerja untuk melakukan rapat terbatas (ratas) mengenai Reformasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam pembukaannya, Jokowi menyebutkan para abdi negara ini tidak hanya disibukan dengan kegiatan-kegiatan seperti pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) melainkan mampu melayani masyarakat hingga pelosok daerah.

"Telah saya sampaikan diperlukan sebaran ASN yang lebih merata, yang bisa memberikan pelayanan sampai ke pelosok-pelosok," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Dia berjanji, akan terus memantau perkembangan penyelesaian penataan manajemen ASN, sebab kegiatan tersebut masuk ke dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Selain masalah pemerataan sebaran, Jokowi juga menekankan pada pemanfaatan teknologi informasi melalui penerapan E-goverment, apalagi era teknologi informasi yang mengalami perkembangan begitu cepat.

"Jangan sampai kita jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain dalam pelayanan publik, pelayanan administrasi kepada warga, dan sebenarnya dengan adanya teknologi informasi ini Kita seharusnya bisa bekerja cepat," jelas dia.

Dengan begitu, Mantan Wali Kota Solo ini tidak ingin mendengar laporan terkait para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih banyak menghabiskan waktu sehari-harinya hanya membuat SPJ yang jumlahnya berlembar-lembar.

"Saya tidak ingin ASN kita menghabiskan waktunya berhari-hari sekali lagi untuk membuat SPJ yang jumlahnya dulunya berlembar-lembar untuk menghabiskan waktu berjam-jam untuk memeriksa surat-menyurat atau berkas-berkas yang menumpuk. Saya kira semua itu bisa disederhanakan melalui penggunaan teknologi informasi yang baik," tutupnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com